oleh

Diteriakin Saat Kampanye di Labuan Bajo, Sandiaga Bantah Diusir Pedagang

-Politik-402 views

Jakarta, Radar Pagi – Beredar video cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno diusir pedagang ikan saat kampanye di tempat pelelangan ikan (TPI) Pasar Batu Cermin, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Barat, Selasa (26/2/2019) kemarin.

Dalam video yang beredar di media sosial terekam Sandi dan rombongannya sedang berhenti tepat di depan lapak pedagang ikan sambil meladeni wawancara para wartawan. Dia dikelilingi sejumlah orang sehingga menghalangi lapak pedagang tersebut. 

Tiba-tiba pedagang ikan pemilik lapak mengusir Sandi dan rombongannya. “Jangan di situ. Jangan injak. Tidak boleh. Keluar,” kata pedagang itu.

Sandi sempat menoleh ke arah pedagang itu. Namun dia kembali melanjutkan wawancara dengan wartawan. Sementara si pedagang terlihat dihampiri oleh wanita berseragam hitam yang diduga bagian dari tim pengamanan.

Menanggapi viralnya video tadi, Sandiaga menjelaskan dirinya bukan ditolak oleh si pedagang, tetapi pedagang itu keberatan karena dagangannya terganggu akibat banyaknya warga berdesakan di lokasi tersebut. Selain terganggu karena kerumunan massa, dagangan ikannya pun ada yang terinjak.

“Jadi saya melihatnya mungkin dia terganggu dengan hingar bingar para relawan, dan barang dagangannya diganggu sama relawan,” ujar Sandiaga di GOR Bulungan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (27/2/2019).

Dia menjelaskan sebenarnya saat ke Pasar Batu Cermin dirinya tidak masuk ke area dalam pasar. Hanya mengamati dari luar dekat parkiran. Namun karena relawan tetap antusias, Sandi mengaku tetap diikuti sehingga ada pedagang toko yang barang dagangannya terinjak dan rusak oleh relawan. 

“Biasalah relawan kan berebut ada yang model-model gini kan, ada yang naik-naik ke atas, terus penjaga tokonya marah. Ada yang diinjek-injek ikannya, ada yang disuruh turun,” katanya.  

Sandiaga pun langsung meminta maaf kepada pedagang tersebut. “Saya sampaikan minta maaf. Maaf boleh saya melanjutkan. Beliau menyampaikan ‘silakan-silakan’,” ujarnya.

Karena itu, Sandiaga mengatakan, dia selalu mewanti-wanti para pendukungnya untuk memperhatikan kondisi dan orang-orang di sekitar agar jangan sampai mengganggu ketertiban umum. (zal) 

News Feed