oleh

Mahfud MD: Bukan Tim Paslon 02, Tiga Emak Pelaku Kampanye Hitam Bisa Dihukum Berat

-Politik-135 views

Jakarta, Radar Pagi – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud Md menilai tiga perempuan relawan Partai Emak-emak Pendukung Prabowo-Sandiaga Uno (PEPES) yang jadi tersangka karena dugaan kampanye hitam ke capres Jokowi di Karawang, Jawa Barat, bisa terancam hukuman lebih berat dari hukuman untuk pelanggaran kampanye, Sebab ketiganya bukan tim pemenangan dari paslon di Pilpres 2019.

“Itu bukan pelanggaran kampanye karena pelakunya itu bukan paslon, pelakunya itu bukan anggota tim pemenangan dari salah satu paslon dan pelakunya bukan caleg. Oleh sebab itu hukumannya lebih berat dari pelanggaran kampanye,” kata Mahfud di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (27/2/2019).

Menurut Mahfud, pelanggaran kampanye justru lebih ringan. “Mungkin hukumannya satu tahun, denda berapa gitu ya? Kalau ini ancaman hukumannya 6 tahun berdasar Undang-Undang ITE, bahkan 10 tahun kalau pakai undang-undang tahun 1946 (tentang Peraturan Hukum Pidana),” katanya.

Dia berharap pendukung Prabowo-Sandiaga maupun Jokowi-KH Ma’ruf Amin harus mengambil pelajaran dari kasus ini agar tidak terjerat pidana.

“Ini berlaku untuk semua paslon 01, paslon 02 kepada para pendukungnya itu supaya hati hati dalam memberikan dukungan atau mengcounter lawan yang tidak didukung, agar tidak terjurumus ke tindak pidana,” katanya. (ria)

 

News Feed