oleh

TMMD Sengkuyung I Tahun 2019 Digelar di Jati Rejo Mojosongo Jebres  

-TNI/POLRI-152 views

Surakarta, Radar Pagi – Tentara Nasional Indonesia (TNI), selain bertugas dalam operasi militer juga memiliki kewajiban membantu tugas pemerintah di daerah dengan cara turut membantu kesulitan rakyat, memberdayakan masyarakat dan meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah.

“Salah satu tugas kita sebagai TNI juga harus membantu pemerintah daerah, membantu kesulitan masyarakat,” ujar Danramil 04/Jebres Kapten Inf. Narno, Sabtu (2/3/2019).

Sebagai bentuk realisasinya, kata Kapten Inf. Narno, saat ini TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I TA. 2019 di wilayah Kodim 0735/Surakarta digelar di Jati Rejo Mojosongo Jebres.

“Program TMMD merupakan wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. Melalui TMMD Kita dapat merasakan peran TNI dalam mendukung peran nasional di daerah,” ujarnya.

Di samping itu, kata Kapten Inf. Narno, kegiatan ini sebagai bentuk penanaman wawasan kebangsaan dan gotong royong. “Harapannya  TNI, Polri dan masyarakat mampu mewujudkan wawasan kebangsaan, menjauhi narkoba dan menjauhi paham-paham radikalisme,” katanya.

Dia menjelaskan, banyak hal telah dicapai dalam menopang pertumbuhan ekonomi di wilayah lewat TMMD. Dan dengan sinergitas yang dilakukan, dirinya berharap dapat mengenjot dan meningkatkan sektor infrastruktur, khususnya jalan di wilayah Jati Rejo Mojosongo.

“Banyak hal yang akan dilakukan dalam TMMD, sesuai dengan programnya. Intinya, Kita memiliki sasaran fisik yang bermanfaat untuk masyarakat. Yaitu betonisasi jalan, pembangunan mushola, saluran air dan tower air,” katanya.

Dijelaskan, untuk sasaran fisik diprioritaskan pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana yang secara langsung menyentuh kepentingan masyarakat sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kapten Inf. Narno juga berharap kepada masyarakat untuk ikut peduli dalam pembangunan yang telah dilakukan melalui TMMD di Mojosongo ini dengan cara merawat infrastruktur yang telah selesai dibangun.

KBD Tahap I TA. 2019 Kodim 0735 Surakarta

KBD Tahap I TA. 2019 Kodim 0735 Surakarta  Hampir Selesai

Di tempat terpisah, Karya Bhakti Daerah (KBD) Tahap I TA. 2019 merupakan Program Pemerintah Kota Surakarta yang bertujuan manungalnya TNI, Pemkot dan semua komponen masyarakat.

Program KBD ini dilakukan 5 kali/tahapan dalam setahun. Untuk lama pengerjaan KBD kali ini ditargetkan selesai paling lama 21 hari. Saat ini, waktu pengerjaannya tinggal tersisa 2 hari lagi dari target tersebut.

Dalam KBD ini, Danramil 05 Pasar Kliwon Kodim 0735 Surakarta Kapten Cba Kurdi terus memotivasi, mengarahkan dan menyemangati anggotanya yang sedang bahu membahu bersama masyarakat, dengan terjun langsung memimpin pengerjaan KBD.

Seperti kegiatan Sabtu 2 Maret 2019 kemarin, bertempat di Jl. Cilosari RT 01 & RT 02 RW 13 Kelurahan Semanggi Pasar Kliwon, Danramil Kapten Cba Kurdi terus memantau jalannnya pengerjaan sarana fisik berupa normalisasi saluran air dengan volume panjang 200 meter, lebar 80 cm / 0,80 meter dan kedalaman 1 meter.

“Untuk pengerjaan KBD Tahap I Tahun 2019, sasaran sudah mencapai 85 %,” ungkap Danramil.

Sasaran yang dikerjakan kemarin berupa pemasangan penutup saluran air dan pengecoran jalan masuk rumah milik warga bernama Ahmad, serta pemindahan penutup selokan.

Sementara hari Minggu (3/3/2019) ini, kegiatan difokuskan untuk membersihkan sasaran KBD dan finishing akhir sasaran KBD. (agus)

 

News Feed