oleh

Bukan Level Pemakai atau Pengecer, Zul Zivilia Diduga Bandar Narkoba

-Hukum-96 views

Jakarta, Radar Pagi – Vokalis band Zivilia, Zulkifli alias Zul Zivilia, yang bertahun silam melejit namanya lewat tembang Aishiteiru, diduga keras bukan cuma pemakai atau pengecer narkoba, tapi sudah kelas bandar.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono mengatakan, berdasarkan hasil penelusuran sementara Zul yang diamankan polisi di sebuah apartemen di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara pada 28 Februari silam sudah masuk dalam jaringan sindikat narkoba.

“Dia masuk ke dalam jaringan juga,” kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Jumat (8/3/2019).

Dengan berdagang narkoba, kata Argo, diduga Zul bisa bebas mengonsumsi sabu kapan saja dengan tersangka lainnya. Sejauh ini ada delapan tersangka lain yang ikut diamankan bersama dengan Zul. Namun polisi belum mau mengungkap identitas delapan tersangka tersebut.

Barang bukti yang disita dari Zul terbilang cukup besar, yakni 9,5 kg sabu.

“Dia bagian jaringan ini. Zul ditangkap di apartemen Jakut dengan barbuk 9,54 kg sabu dan ekstasi 24 ribu butir itu mau diedarkan dia,” jelas Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Edy Pramono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (8/3/2019).

Sementara itu, Direktur Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Suwondo Nainggolan mengatakan, tidak ada kalangan artis yang memesan sabu kepada Zul, sebab sebagai bandar, jaraknya jauh dengan pelanggan.

“Dia bukan level pengecer. Jadi dia ada bandar (bandar di atas Zul) lalu (dari bandar besar Zul bagi) ke pengecer kecil, kemudian pengecer kecil yang ngasih ke pelanggan. Jarak dia itu jauh (ke pelanggan),” jelas Suwondo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (8/3/2019).

Diduga Zul sudah lama menjadi bandar sabu, namun kepada polisi dia mengaku baru dua kali mengirim barang.

“(Sejak) tahun 2017-2018 katanya baru dua kali,” imbuhnya.

Selain sabu, Zul diduga mengedarkan ekstasi bergambar kerang, Barcelona, Instagram hingga monyet.

“Barang-barang ini dia ambil dari Sumatera, potensi dari luar negeri,” tutur Suwondo.

Saat ini, Zul dan delapan tersangka lainnya ditahan di Rumah Tahanan Polda Metro Jaya untuk diproses lebih lanjut.

Zul sendiri tidak banyak berbicara di hadapan wartawan. Dia hanya mengungkapkan penyesalan sambil bersikap pasrah.

“Ini sudah jalan hidup saya,” katanya. (igo)

News Feed