oleh

Petani Bawang yang Curhat Pada Sandiaga Resmi Ditahan Karena Gebukin Orang

-Hukum-112 views

Brebes, Radar Pagi –  Petani bawang merah asal Brebes, Jawa Tengah, Moh. Subkhan, yang pernah viral karena videonya curhat sampai nangis di hadapan Cawapres Sandiaga Uno, kini ditahan polisi karena kasus penganiayaan terhadap Sukro (71).

Moh Subkhan ditahan sejak Selasa (19/3/2019) pukul 22.30 WIB, setelah menjalani pemeriksaan selama kurang lebih delapan jam mulai pukul 14.00 WIB.

“Penahanan Subkhan dilakukan setelah penyidik mengantongi dua alat bukti yang cukup atas kasus dugaan penganiayaan yang dilakukan terhadap Sukro, warga Desa Randusari, Kecamatan Pagerbarang, Kabupaten Tegal,” ujar KBO Reskrim Polres Brebes, Iptu Triyatno, Rabu (20/3/2019).

Selama proses penyidikan, Subkhan didampingi pengacara Muhammad Fayyadh dan dicecar 16 pertanyaan oleh penyidik. Usai menjalani pemeriksaan, Subkhan langsung dimasukkan ke sel tahanan Mapolres Brebes.

 “Setelah kita mendapatkan dua alat bukti dan kita tetapkan tersangka, penyidik menyatakan sudah memenuhi syarat dilakukan penahan, maka kita tahan yang bersangkutan untuk 20 hari ke depan,” kata Triyatno.

“Pasal yang disangkakan yaitu Pasal 351 ayat 1 dengan ancaman pidana penjara 2,8 tahun,” sambungnya.

Muhammad Fayyadh selaku kuasa hukum  Subkhan berencana akan mengajukan upaya penangguhan penahanan. Pihaknya juga akan mengajukan pra peradilan atas penahanan kliennya.

Namun Subkhan sendiri mengaku siap menjalani penahanannya. “Insya Allah saya siap. Kita hormati proses hukum,” kata Subkhan.

Kasus ini dipicu dari viralnya video Subkhan menangis bercerita tentang harga bawang yang anjlok dan petani yang terlilit utang di hadapan Cawapres Sandiaga Uno  Sandiaga.

Tak beberapa lama kemudian di dunia maya muncul pula video pengakuan Sukro yang mengatakan bahwa Subkhan pernah sakit jiwa dan dirawat di RSJ Magelang. Tidak terima dengan video itu, Subkhan mendatangi Sukro.

Dari keterangan Sukro sebagai korban, kejadian bermula saat korban tengah memperbaiki bendera bergambar Capres Jokowi di Desa Tegalglagah, Kecamatan Bulakamba, Brebes, Sabtu (9/3/2019) malam.

Tiba-tiba, Subkhan datang dengan mengendarai mobil. Usai turun dari mobil, Subkhan langsung memukul Sukro dua kali. Satu di antaranya berhasil mengenai Sukro. Selain memukul, Subkhan juga mencekik lehernya.

Usai dianiaya, Sukro langsung melakukan visum dan melapor ke Polres Brebes. (zal)

 

News Feed