oleh

KBD Tahap II Wilayah Kodim 0735/Surakarta Resmi Dibuka, Ini sasarannya 

-TNI/POLRI-162 views

Surakarta, Radar Pagi – Kodim 0735/Surakarta bekerjasama dengan Pemerintahan Kota Surakarta melaksanakan Pembukaan Karya Bakti Daerah (KBD) Tahap-II Tahun 2019, di Halaman Parkir Gedung Purna Yudha Jl. Adi Sucipto No.143 Kel. Karangasem Kecamatan Laweyan, Kamis (21/3/2019).

Pembukaan kegiatan bertemakan “Melalui Karya Bakti Daerah Tahap – II Tahun 2019 Kita Tingkatkan Pemberdayaan Masyarakat Dan Lingkungan untuk Mempercepat Akselerasi Pembangunan Didaerah Guna Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Menuju Terwujudnya Ketahanan Wilayah Yang Tangguh” ini diawali denga upacara.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) adalah Wakil Walikota Surakarta Dr. H Ahmad Purnomo, Apt. Sementara Danramil 05/Pasar Kliwon Kapten Cba Kurdi menjadi Komandan Upacara.

Turut hadir dalam kegiatan yang diikuti sekitar 250 orang ini, antara lain Letkol Inf  Ali Akhwan, SE (Dandim 0735/Ska), Letkol Cpm Gunawan Setiadi, SH (Dandenpom lV/4 Ska), Kompol Imam Safi’i S.I.K, M.S.I (Kasatlantas Polresta Surakarta), Drs Said Romadhon, MM (Asisten pemerintahan dan Kesra), para Danramil Kodim 0735/Ska, serta jajaran Muspika Kecamatan Laweyan.

Wali Kota Surakarta dalam amanatnya yang dibacakan Wakil Wali Kota  menyampaikan bahwa kegiatan Karya Bakti Daerah (KBD) merupakan bentuk partisipasi masyarakat dalam upaya gotong royong untuk membangun infrastruktur di lingkungan masing-masing.

“Kegiatan ini membuktikan bahwa masyarakat dan aparat dapat bersinergi dalam pembangunan baik fisik maupun nonfisik dalam menjaga keutuhan negara melalui pembangunan infrastruktur di Kelurahan Karangasem ini,” katanya.

Dia berharap KBD yang digelar dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Dirinya yakin jika semua dapat dipadukan maka semua permasalahan dapat diatasi dengan mudah.

Program KBD Tahap II di Kelurahan Karangasem memiliki sasaran kegiatan, yaitu perbaikan saluran dan gorong-gorong dengan panjang 15,9 m dan Keduk Walet dengan panjang 200 m selain itu kegiatan penyuluhan dan bazaar diharapkan membantu masyarakat di sekitarnya untuk memenuhi kebutuhan dengan harga yang terjangkau.

“Melalui program ini diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat sebab proses perencanaan program KBD selalu diawali dengan melibatkan berbagai instansi dan masyarakat sebagai pelaku dan pengguna hasil yang disusun berdasarkan sistem Planning Up atau perencanaan dari bawah,” paparnya.

Adapun sasaran kegiatan Karya Bakti Daerah (KBD) Tahap-I Tahun 2019 adalah sasaran fisik dan non fisik. 

Untuk sasaran fisik meliputi Normalisasi Saluran Air dan Perbaikan Gorong-gorong di RT. 02 dan 04 RW. IX Kel. Karangasem Kec. Laweyan, dengan Volume Panjang 15.9 M, Keduk Walet Saluran Air di RT. 02 Dan 04 RW. IX Kel. Karangasem Kec. Laweyan, dengan Volume Panjang 200 M.

Sedangkan Sasaran Non Fisik meliputi Penyuluhan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, Penyuluhan Tentang Nilai-nilai Pancasila, Penyuluhan Pekat Narkoba, Penyuluhan HIV AIDS, Penyuluhan Kesehatan dan KB, Penyuluhan Koperasi /Permodalan dan KIP.

Lalu Penyuluhan Tentang Tanggap Bencana Dan Kebakaran, Penyuluhan Tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Pemberian Bantuan Sembako Gratis Kepada Masyarakat Kurang Mampu, Fasilitas Kegiatan Bazar dan Pasar Murah bagi Masyarakat Miskin.

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan ke Lokasi Karya Bakti Daerah (KBD) di RT. 02 Dan 04 RW. IX Kel. Karangasem Kec. Laweyan dan dilaksanakan Peletakan Batu Pertama sebagai awal kegiatan Karya Bakti Daerah (KBD). (arda)

 

News Feed