oleh

Deklarasi Pemilu Damai di Kabupaten Intan Jaya: Siap Menang dan Siap Kalah

Intan Jaya, Radar Pagi – Ketua KPU Intan Jaya Krismas Bagau S.IP, M.IP mengajak seluruh peserta kampanye untuk mengedepankan pemilu damai di bumi Intan Jaya, Papua.

Menurutnya, semua calon legislatif yang akan bertarung dalam Pileg 2019 mendatang, harus memiliki kesiapan mental untuk menang dan siap pula untuk kalah.

“Harus siap menang dan siap kalah. Semua calon adalah putra terbaik Kabupaten Intan Jaya,” katanya dalam acara penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai di Kabupaten Intan Jaya sekaligus Pembukaan Kampanye yang digelar di Lapangan Yokatapa, Kota Sugapa, Intan Jaya, Papua, Rabu (27/3/2019).

Dia juga mengingatkan agar semua persoalan yang mungkin timbul selama pelaksanaan Pileg 2019 hendaknya diselesaikan secara damai.

Ketua KPU Intan Jaya Krismas Bagau

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni, SS, M.Si menyambut baik seruan Pemilu Damai tersebut. Bupati mengamini ajakan untuk menjaga dan memelihara keamanan di antara sesama calon legislatif (caleg).

Dia juga menekankan perlunya koordinasi yang baik di antara stakeholder, penyelenggara dan peserta pemilu, pihak keamanan dan masyarakat, sehingga dapat dihasilkan pemilu yang demokratis, jurdil, bebas dan rahasia.

“Sehingga pemilu di Intan Jaya dapat menjadi barometer dan akan menjadi contoh bagi kabupaten-kabupaten lainnya,” harap Bupati. 

Ketua Bawaslu Kabupaten Intan Jaya, Yunus Abugau

Dia juga mengingatkan agar pengalaman buruk sewaktu Pilkada Intan Jaya yang lalu supaya jangan terjadi lagi karena berdampak sangat buruk bagi masyarakat dan membuat masyarakat cukup menderita.“Pada kesempatan ini saya mengimbau seluruh elemen penyelenggara agar saling bekerja sama bahu membahu agar tidak terjadi konflik yang akan merugikan kita semua,” katanya.

Bupati meyakini dalam pemilu kali ini di Kabupaten Intan Jaya tidak akan terjadi keributan. Meski begitu Bupati selaku pembina politik di Kabupaten Intan Jaya tetap mengingatkan semua pihak untuk meminimalisir masalah-masalah dari tingkat bawah.

Foto bersama usai deklarasi pemilu damai

“Sekali lagi saya apresiasi apa yang dikatakan KPU-Bawaslu, marilah kita bangun komunikasi dan koordinasi dengan baik. Kemarin-kemarin kita jalan masing-masing, sekarang kita jalan sama-sama saling bergandeng tangan satu sama lain,” tutur Bupati.

Turut hadir dalam acara ini di antaranya unsur TNI/Polri, pengurus dan kader 15 partai peserta pemilu di Intan Jaya, serta Ketua Bawaslu Kabupaten Intan Jaya Yunus Abugau S.Hut.

Bupati meninjau persiapan lahan untuk pembangunan kantor DPRD Kabupaten Intan Jaya

Meninjau Pembangunan Kantor Bupati dan DPRD

Dalam kerusuhan yang terjadi pasca Pilkada kemarin di Intan Jaya, banyak gedung pemerintahan yang rusak atau bahkan musnah akibat dibakar massa, termasuk kantor bupati.

Bagian dalam kantor Bupati Intan Jaya, yang akan diresmikan usai Pilpres mendatang

Untuk memastikan eksekutif dan legislatif terus berjalan, maka Pemkab Intan Jaya sedang memperbaiki atau membangun kembali gedung-gedung tersebut. Sementara untuk pembangunan gedung DPRD, baru memasuki tahap persiapan.

Mengunjungi masyarakat di Desa Tigigi

Sore hari usai acara deklarasi Pemilu Damai, Bupati Intan Jaya meninjau persiapan lahan untuk pembangunan kantor DPRD Kabupaten Intan Jaya, dan dilanjutkan dengan meninjau pembangunan kantor bupati yang rencananya akan diresmikan usai Pilpres. (Om Yan)

 

 

News Feed