oleh

KPK Amankan 8 Orang dalam OTT Korupsi Pupuk, Salah Satunya Anggota DPR Fraksi Golkar

-Hukum-91 views

Jakarta, Radar Pagi – Hingga Kamis (28/3/2019) pagi sudah 8 orang diamankan dalam operasi tangkap tangan (OTT) KPK di Jakarta sejak Rabu sore hingga Kamis dinihari. Salah seorang yang diamankan adalah anggota Komisi VI DPR dari Fraksi Golkar, Bowo Sidik Pangarso.

Tujuh orang lainnya yang diamankan terdiri dari unsur direksi BUMN PT Pupuk Indonesia, pihak swasta dan sopir.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah ketika dihubungi pagi ini menjelaskan Bowo Pangarso dan tujuh orang lainnya sudah dibawa ke Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan. “Saat ini sedang proses pemeriksaan lebih lanjut di Gedung KPK,” katanya.

Menurut Febri, rangkaian OTT yang dilakukan terkait dugaan suap pengiriman pupuk. Selain mengamankan 8 orang, penyidik pun turut mengamankan uang yang terdiri dari pecahan mata uang rupiah dan dolar Amerika Serikat. KPK menduga uang itu terkait dugaan suap distribusi pupuk menggunakan kapal.

KPK menduga pemberian suap dalam OTT terhadap 7 orang hari ini bukan yang pertama. KPK menduga ada pemberian yang sudah diberikan beberapa kali sebelumnya.

“Bukan pemberian pertama, (ada pemberian) beberapa kali sebelumnya,” ujar Febri.

Hingga saat ini kedelapan orang yang tersebut masih berstatus sebagai terperiksa. KPK punya waktu 1×24 jam untuk menentukan status hukum mereka.

Sementara itu, Partai Golkar menunggu penjelasan resmi KPK terkait penangkapan kadernya.  “Kami menunggu penjelasan resmi dari KPK terkait dugaaan OTT itu. Kami tidak mau berspekulasi terlalu,” ujar Ketua DPP Golkar, Ace Hasan Syadzily menyatakan hal itu kepada wartawan, Kamis (28/3/2019).

Dia menegaskan, Golkar akan bersikap tegas terhadap kader yang terjerat kasus korupsi.”Kita tunggu keterangan resmi dari KPK. Yang jelas kami akan bersikap tegas bagi siapapun kader yang melakukan korupsi,” katanya. (jar)

News Feed