oleh

TNI AU Bantah Ada Jet Tempur yang Halangi Pesawat Prabowo

-TNI/POLRI-188 views

Jakarta, Radar Pagi – TNI AU membantah isu yang dicuitkan oleh akun Twitter @marierteman milik mantan Kasum TNI Letjen TNI (Purn)  JS Prabowo bahwa pesawat capres Prabowo Subianto batal take off karena terhalang tiga pesawat Sukhoi milik TNI AU.

Dalam cuitannya, JS Prabowo menulis “Info, saat akan menuju Purwokerto (1/4) pswt yg ditumpangi @prabowo aborted take off krn saat akan take off diujung runway melintas 3 jet tempur. Pengaduan resmi + CVR akn disampaikan kpd dirjen perhubungan udara.”

Menurut Samyoga, cuitan itu tidak benar karena kedua hal tersebut terjadi di dua hari berbeda.

“Yang beliau (JS Prabowo) sampaikan terjadi pada dua hari yang berbeda dan dua-duanya sama sekali tidak melibatkan Sukhoi,” ujar Kadispenau Marsma TNI Novyan Samyoga dalam keterangannya, Rabu (3/4/2019).

Dia menjelaskan, pada hari Senin (1/4/2019), pesawat 9HNYC yang ditumpangi Prabowo dijadwalkan lepas landas dari Bandara Halim Perdanakusuma setelah pesawat CN 235 Kalong Flight milik TNI AU lepas landas.

Namun setelah pesawat Prabowo diberi izin untuk take off, ternyata kondisinya belum aman karena pesawat CN 235 belum menuju cross wind.

“Gagalnya pesawat Prabowo lepas landas murni disebabkan oleh masalah keamanan dan tidak ada hubungannya dengan Sukhoi atau jet tempur milik TNI,” kata Samyoga.

Lalu pada Selasa (2/4/2019), pesawat Prabowo juga mengalami penundaan, tapi karena menunggu pesawat Wing Air mendarat, jadi bukan karena terhalang oleh pesawat Sukhoi,

“Pesawat 9HNYC tidak ada hubungan sama sekali dengan penerbanganSukhoi. Pesawat 9HNYC menunggu keberangkatan karena ada pesawat Wings Air sedang akan mendarat, bukan Sukhoi,” ujarnya. (jar)

News Feed