oleh

Kampanye Prabowo di GBK Diklaim Dihadiri 1 Juta Orang, TKN: Kapasitas GBK Cuma 150 Ribu

-Politik-118 views

Jakarta, Radar Pagi – Calon presiden Prabowo Subianto menyebut jumlah massa kampanye di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Minggu (7/4/2019) mencapai 1 juta orang.

“Berapa yang sudah dihitung hadir di sekitar Senayan? Berapa?” tanya Prabowo ke panitia saat berbicara di panggung Kampanye Akbar Prabowo-Sandiaga Uno di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (7/4/2019).

“Satu juta lebih!” sambung Prabowo setelah mendapatkan jawaban dari panitia kampanye akbar.

Dia menyatakan orang-orang yang menjadi peserta kampanye hari ini tidak diberi duit. Bahkan sebaliknya, massa inilah yang memberi duit ke Prabowo.

“Saudara-saudara dikasih uang nggak ke sini? Bagaimana satu juta orang mau dikasih uang? Bahkan tadi saya di mobil saya yang dikasih uang oleh rakyat,” kata Prabowo.

Prabowo juga menyatakan ini adalah rapat akbar politik terbesar dalam sejarah Republik Indonesia. Dia melihat ratusan ribu orang berkumpul di kawasan Senayan karena tidak bisa masuk ke dalam Stadion Utama karena tempat terbatas.

Prabowo menyebut dirinya sempat berkeliling menyapa pendukungnya di luar stadion GBK. Menurutnya, massa telah datang sejak belasan jam lalu.

“Saya tadi keliling, saya kira puluhan ribu, kalau tidak ratusan ribu massa di luar tidak bisa masuk karena tempatnya terbatas. Luar biasa kehadiran kalian di sini semuanya. Saya kira saudara-saudara datang ke sini sejak tadi malam, bnyak yang ikut salat subuh tadi. Saudara-saudara, saya rasa saudara-saudara ke sini untuk menyatakan sikap saudara-saudara sekalian. saya bersama Saudara Sandiaga Uno sudah hampir 8 bulan keliling Indonesia. Kami melihat, kami merasakan, kami bisa menangkap getaran hati rakyat Indonesia,” sebut Prabowo.

Dia pun menyinggung pembangunan infrastruktur saat berpidato dalam kampanye akbar di Gelora Bung Karno (GBK). Menurut Prabowo, harga pembangunan infrastruktur dilipatgandakan.

“Saudara ingin perubahan? Saudara ingin pemerintahan yang bersih? Saudara-saudara, begitu kita punya pemerintahan yang bersih, yang tidak mencuri dari rakyat, yang tidak membohongi rakyat, bikin infrastruktur tapi harganya dilipatgandakan,” kata Prabowo.

Prabowo lantas menyinggung perusahaan milik negara. Prabowo menyindir pihak yang selalu mempertanyakan data terkait apa yang disampaikannya.

“Perusahaan negara, Garuda, kebanggaan kita saudara-saudara, minta ampun. Perusahaan-perusahaan negara kita, ya, mau dibilang apa ya, nanti ada yang bilang, ‘mana buktinya’. Insyaallah Prabowo-Sandi menerima rakyat Indonesia kita akan tindak lanjut bukti-bukti itu semua,” ucap Prabowo.

Massa kampanye akbar Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pun akhirnya membubarkan diri setelah kampanye diakhiri dengan memutar rekaman pidato Habib Rizieq Syihab.

TKN Pertanyakan Klaim 1 Juta Orang

Di lain tempat, Jubir TKN Ace Hasan Syadzily mempertanyakan klaim 1 juta orang menghadiri kampanye Prabowo di GBK.

“Jangan terlalu berlebihan untuk menghitung jumlah yang hadir. Kapasitas GBK itu tidak sampai 150.000 orang. Jangan ngaku-ngaku hingga satu juta,” kata Jubir TKN Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Minggu (7/4/2019).

Ace mengatakan kapasitas GBK setelah renovasi adalah 76.127 kursi. Jika lapangan rumput plus running track diisi manusia, Ace menghitung berarti ada tambahan ruang 105 x 68 meter persegi, atau 7.140 meter persegi.

“Kalau 1 meter persegi bisa untuk 2 orang, berarti kapasitasnya jadi 15 ribu orang, plus running track 10 ribu orang,” katanya.

Artinya, sambung Ace, kapasitas full GBK 100.000 – 110.000 orang. “Kepotong panggung, taruhlah 106.000. Melihat luar yang relatif kosong, taruhlah ada 10 ribu orang di luar (GBK). Total 116 ribu,” ulas Ace. (dnu/gbr/mae/zak/dtc/jar)

 

News Feed