oleh

Hasil Uji Forensik: Budi Hartanto Dibunuh Dulu Baru Dipenggal

-Hukum-366 views

Surabaya, Radar Pagi – Uji laboratorium forensik kasus pembunuhan Budi Hartanto (28), mayat tanpa kepala yang ditemukan dalam koper di Kabupaten Blitar telah keluar. Hasilnya, kepala korban dipenggal setelah tewas. Hal ini mematahkan dugaan polisi sebelumnya bahwa korban kemungkinan dibunuh dengan cara dipenggal.

“Pemotongan di bagian leher adalah ketika yang bersangkutan sudah meninggal,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera di Mapolda Jawa Timur, Surabaya, Senin (8/4/2019).

Menurut Barung, kemungkinan pelaku memenggal kepala korban adalah untuk menghilangkan jejak.

“Untuk menghilangkan jejak,” katanya.

Hingga kini polisi masih mengejar dua lelaki yang diduga menjadi pelaku pembunuhan Budi. Keduanya diduga berasal dari sebuah komunitas yang diikuti Budi Hartanto.

“Berhubungan juga dengan lingkungan atau komunitas yang sedang digeluti oleh korban,” ujarnya,

Sejauh ini, motif ekonomi dan motif perampokan telah dihilangkan dalam penyelidikan kasus ini. Motif asmara sesame jenis diduga kuat menjadi sebabnya.

Barung mengungkapkan keterangan saksi bahwa korban memiliki kecenderungan orientasi seksual yang berbeda dari orang lain.

“Jadi kami hilangkan motif perampokan atau ekonomi, kami masuk pada motif asmara,” ujarnya.

Sebelumnya warga Desa Karanggondang, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar, Jawa Timur digegerkan penemuan mayat tanpa kepala tersimpan dalam koper, Rabu (3/4/2019) pukul 07.00 WIB. Koper warna hitam itu pertama kali ditemukan oleh seorang pencari rumput. (gun)

News Feed