oleh

JK: 2019 Pemilu Paling Rumit

-Utama-561 views

Jakarta, Radar Pagi – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyebut Pemilu 2019 sebagai pemilu paling rumit. Dia juga mengatakan sudah menjadi kekhawatiran sejak awal akan nada petugas KPPS yang meninggal karena kelelahan.

“Itu yang kita khawatirkan sejak awal. Bahwa ini pemilu yang terumit, ternyata ada korbannya, baik di kalangan KPPS juga di kepolisian ada korban,” ujar JK ketika bertemu sejumlah pimpinan ormas Islam dan tokoh Islam di kediamannya, di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2019).

Menurut JK pemilu serentak yang sudah berlangsung beberapa waktu lalu perlu dievaluasi. Salah satunya agar pileg dan pilpres kembali dipisah.

“Tentu harus evaluasi yang keras, salah satu hasil evaluasi dipisahkan antara pilpres dengan pileg itu supaya bebannya jangan terlalu berat,” katanya.

Dia mengungkapkan salah satu cara yang dapat dilakukan adalah masyarakat memilih partai dan nantinya partai bersangkutan yang akan memilih calegnya sendiri secara tertutup.
“Pilih partai saja, sehingga tidak terjadi keruwetan menghitung,” tuturnya.

JK juga mengingatkan pihak yang berkontestasi di Pemilu 2019 agar menyelesaikan setiap masalah pemilu lewat jalur konstitusi. Dia pun meminta KPU menjalankan proses pemilu secara jujur dan transparan.

“Apabila KPU menjalankan itu, masyarakat akan tenang, dan kemudian juga masyarakat menunggu hasil sebaik-baiknya dan juga apa pun hasilnya dapat diterima,” katanya. (zal)

 

News Feed