oleh

Puluhan Petugas KPPS Tewas Kelelahan, 2024 Format Pemilu Mungkin Dirubah

-Utama-100 views

Jakarta, Radar Pagi – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengevaluasi pelaksanaan Pemilu 2019 untuk dijadikan rujukan pada Pemilu 2024 nanti. Evaluasi tersebut terkait meninggalnya 91 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di berbagai daerah selama proses rekapitulasi hasil Pemilu 2019 hingga Senin (22/4/2019) petang.

Jumlah itu belum termasuk anggota polisi yang juga gugur karena kelelahan mengawal proses pemilu.

“Kita menunggu hasil evaluasi yang akan kita kaji bersama DPR, pemerintah, dan masyarakat. Kita lihat kelelahan yang luar biasa dari penyelenggara pemilu,” kata komisioner KPU Ilham Saputra, di KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2019).

Ilham mengatakan saat ini KPU sedang mengkaji wacana pemisahan pemilu lokal dari pemilu nasional. Pemilu lokal, kata Ilham, adalah pemilu DPRD provinsi, pemilu kabupaten/kota, dan pilkada. Sedangkan pemilu nasional meliputi pemilihan untuk DPD, DPR RI, dan presiden.

“Nanti DPR juga akan berpikir juga bagaimana kemudian undang-undang ini mengatur sedemikian rupa format pemilu yang ideal untuk pemilu berikutnya,” katanya. (jar)

News Feed