oleh

Caleg PDIP Resmi Jadi Tersangka Pembakaran Surat Suara

-Politik-140 views

Jambi, Radar Pagi – Caleg PDIP berinisial KS resmi ditetapkan sebagai tersangka pembakaran 15 kotak suara di 3 TPS di Desa Koto Padang, Kota Sungai Penuh, Jambi. Polisi juga menetapkan anggota Panwascam berinisial RY sebagai tersangka dalam kasus yang sama.

Sebelum menetapkan keduanya sebagai tersangka, polisi telah memeriksa 12 orang saksi dan menyita barang bukti surat suara dan kotak suara pemilu yang sebagian telah terbakar.

Adapun barang bukti yang disita di antaranya sisa-sisa bekas terbakar surat suara dari TPS 01 dan TPS 02, dokumen C1 plano, dan kotak suara presiden untuk TPS 02.

“Sekarang kedua tersangka sudah kita tahan di Rutan Mapolda Jambi,” kata Direskrimum Polda Jambi AKBP Edi Faryadi kepada wartawan di Mapolda Jambi, Rabu (24/4/2019).

Kedua tersangka dikenakan Pasal 187 angka 1 KUHP jo Pasal 55 KUHP atau 56 KUHP atau Pasal 170 ayat (1) KUHP dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara.

PDI Perjuangan kemarin sudah memastikan akan memecat calegnya yang diduga terlibat dalam pembakaran 15 kotak suara di Jambi.

“Harus langsung dipecat, karena membakar dokumen negara. Dokumen ini penting untuk mendukung kebijakan real count PDIP sendiri dan KPU. Jadi menurut kami ini serius kesalahannya,” kata Sekretaris Bidang Pelatihan dan Pendidikan DPP PDIP, Eva Kusuma Sundari kepada wartawan, Senin (22/4/2019) kemarin.

Apalagi, kata Eva, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri telah mengimbau para caleg agar menempuh jalur hukum andai menemukan kejanggalan dalam gelaran Pemilu 2019. (ria)

 

News Feed