oleh

Makan Gratis di Warung Berkah DKM Masjid Baitussalam, Bayarnya Pakai Al-Fatihah

-Utama-205 views

Bogor, Radar Pagi – Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM) Masjid Baitussalam Mutiara Lido Blok C, Cigombong, Bogor, Jawa Barat, menggelar kegiatan makan gratis di Warung Berkah setiap hari Jumat.

Heru, Ketua team Hikmad Masjid sekaligus koordinator lapangan kegiatan ini menuturkan bahwa program makan gratis sudah berjalan dua bulan.

Menu hidangan, kata Heru, berasal dari sumbangan warga Vila Mutiara Lido. Untuk menu sudah dibuatkan listnya. Warga tinggal memilih menu yang akan diinfaqkan.

“Seandainya berbentuk uang, maka akan dibelikan (bahan baku makanan) sesuai list oleh koordinator,” ujarnya.

Dari pantauan RadarPagi, Jumat (26/4/2019), sejak pagi beberapa relawan terlihat sudah menyiapkan hidangan yang akan disajikan di Warung Berkah. Sebagian besar makanan matang dikirim langsung oleh jamaah ke warung tersebut.

Hidangan yang disajikan antara lain lontong cah sayur, ayam goreng, ayam balado, tempe orek campur sayur, sayur tumis, sop bakso, rendang, dan gulai udang.

Bukan hanya makanan, para relawan juga terlihat sibuk menyiapkan minuman seperti teh dan kopi. Beberapa kali mereka mencoba racikan kopi dan teh yang sedang dibuat agar rasanya benar-benar pas.

Ketika waktu makan tiba, para jamaah langsung menyerbu Warung Berkah. Tua, muda, sampai anak-anak semua terlihat larut dalam kegembiraan menikmati hidangan yang disediakan.

Karena luas warung tidak mampu menampung seluruh jamaah, banyak jamaah yang makan di teras dan pelataran masjid, ada juga yang terlihat duduk di atas motor.

“Makan di warung ini semua gratis. Bayarnya cukup baca Al-Fatihah,” kata seorang jamaah.

Menurut Heru, sejak kegiatan ini digelar, jamaah masjid memang semakin banyak. Dia berharap  masjid bisa menjadi sentral jalinan silaturahmi dan sebagai sarana untuk memuliakan fakir-miskin.

“Bagi saudara kita yang tadinya belum mau melangkahkan kakinya ke masjid, semoga dengan adanya Warung Berkah ini menjadikan sebab hidayah untuk datang ke masjid,” ujar Heru. (IM)

News Feed