oleh

Indonesia Peringkat ke-5 Negara Paling Bahagia se-Dunia

-Utama-143 views

Jakarta, Radar Pagi – Indonesia masuk dalam 5 besar negara dengan penduduk paling bahagia di dunia. Hal itu menurut hasil survei Gallup, lembaga jajak pendapat berbasis di Washington DC, Amerika Serikat, yang melibatkan 150 ribu orang dari 140 negara.

Sebagai negara peringkat kelima paling bahagia, Indonesia mengalahkan sejumlah negara Amerika Latin yang sebelumnya pernah disebut-sebut sebagai negara yang rakyatnya paling bahagia.

Meski begitu, di bawah daftar 5 besar negara paling bahagia, negara-negara Amerika Latin tetap mendominasi peringkat atas daftar negara dengan penduduk dewasa yang mengalami perasaan positif setiap hari.

“Satu-satunya negara di luar kawasan itu adalah Indonesia, yang masuk peringkat teratas sejak 2017,” demikian pernyataan Gallup dalam laporannya.

Perlu diketahui, definisi bahagia versi Gallup bukanlah bahagia secara materi, melainkan lebih kepada perasaan positif yang diakibatkan pola pikir positif.  Sebagai contoh, negara Amerika Latin dianggap bahagia karena kultur lokal masyarakatnya yang selalu mengedepankan hal-hal positif dalam kehidupan.

Negara yang paling positif bahagia selengkapnya menurut Gallup adalah Paraguay, Panama, Guatemala, Meksiko, barulah Indonesia. Sementara Chad menjadi negara yang paling negatif atau memiliki penduduk tidak bahagia yang terbanyak di dunia, disusul Nigeria, Pantai Gading, Irak dan Iran.

Para peneliti Gallup menanyakan perasaan yang dialami para responden satu hari sebelum jajak pendapat, seperti “Apakah kemarin Anda tersenyum atau cukup sering tertawa?” dan “Apakah Anda diperlakukan secara layak?”.

Sekitar 71% responden mengaku cukup bahagia. Namun di sisi lain, tingkat stres, kecemasan, dan kesedihan meningkat. Sebanyak 39% responden mengaku merasakan kekhawatiran dan 35% lainnya tertekan sehari sebelum survei dilakukan.

Bahkan hasil jajak pendapat itu menemukan fakwa sepertiga warga dunia mengalami stres. Sementara satu dari lima penduduk dunia diliputi kemarahan serta dan kesedihan mendalam. (jar)

 

News Feed