oleh

Terima Berlian Ratusan Juta, Bupati Cantik Kena Ciduk KPK

-Hukum-84 views

Jakarta, Radar Pagi – KPK menciduk Bupati Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut), Sri Wahyumi Maria Manalip, dalam operasi tangkap tangan (OTT) saat menerima hadiah barang-barang mewah berupa tas, jam, dan perhiasan berlian dengan nilai sekitar ratusan juta rupiah.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif di gedung KPK, Selasa (30/4/2019) mengatakan, barang-barang mewah itu diduga diterima Sri terkait pengadaan proyek di daerahnya.

“Diduga telah terjadi transaksi terkait pengadaan atau proyek di Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud,” kata Laode.

Dia menyebut, OTT berlangsung sejak Senin, 29 April tengah malam kemarin. Selain di Sulut, OTT terkait kasus ini juga dilakukan di Jakarta terhadap 4 orang swasta, tetapi belum disebutkan identitasnya.

“KPK diberikan waktu maksimal 24 jam untuk menentukan status hukum pihak yang diamankan tersebut. Perkembangan proses ini lebih lanjut akan disampaikan pada konferensi pers di KPK,” kata Laode.

Bupati Talaud Sri Wahyumi Manalip sebelumnya pernah dinonaktifkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) karena melakukan kunjungan ke Amerika Serikat tanpa izin. Sri diketahui 2 kali berpergian ke luar negeri tanpa izin hingga 1 bulan lamanya

Atas penonaktifan itu, Sri mengaku dikriminalisasi. Sri mengaku merasa dikriminalisasi. Dia mengaitkan penonaktifan ini dengan rencananya mengajukan cuti untuk tahapan pilkada.

“Kalau saya lihat, posisi saya sekarang ini, saya merasa saya ini dikriminalisasi,” ucap Sri kala itu.

Sri mengaku pergi ke AS pada Oktober-November 2017 hanya satu kali. Kata Sri, semestinya dia mendapatkan sanksi pada Desember 2017.

Buntut dari penonaktifan Kemendagri, Sri dicopot sebagai Ketua DPC PDIP Talaud. Sri lalu menyeberang ke Partai Hanura. “Beliau mengatakan siap memimpin Partai Hanura di Talaud,” kata Ketua DPP Hanura Benny Rhamdani.

Sri lalu masuk ke Hanura kubu Manhattan atau yang mengakui kepemimpinan Oesman Sapta Odang. (jar)

News Feed