oleh

Badai Siklon Terjadi di Laut Banda, Tiga Daerah Ini Harus Ekstra Waspada

-Utama-309 views

Jakarta, Radar Pagi – Warga yang tinggal di bantaran sungai diimbau waspada menyusul terjadinya siklon tropis di Laut Banda, Maluku, yang berpotensi menimbulkan hujan ekstrem di sejumlah wilayah. Pintu-pintu air juga diimbau untuk bersiaga.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebut bibit siklon ini bisa mengakibatkan cuaca ekstrem seperti yang sempat menimpa Jakarta, Bengkulu, dan Bogor, beberapa hari lalu.

Beberapa wilayah yang diprediksi mengalami hujan ekstrem yakni di Maluku bagian tenggara, Nusa Tenggara Timur (NTT), hingga Timor Leste.

“Bengkulu, Jakarta, Bogor itu hujan ekstremnya sampai menimbulkan kerusakan, kerugian, gangguan. Itu tanpa ada siklon. Nah, apa lagi saat ini diperkuat dengan adanya siklon?” ujar Dwikorita di kantor BMKG di Jl. Angkasa 1, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (8/5/2019).

Menurut perkiraan BMKG, puncak siklon akan terjadi pada Kamis (9/5/2019) sekitar jam 13.00 WIB. Masyarakat yang tinggal di daerah rawan tadi diimbau menjauhi pohon-pohon yang mudah roboh.

“Insyaallah kami ini kan juga berkoordinasi dengan BPBD setempat dan Kementerian PUPR sehingga kesiapan itu harapkan akan lebih siap untuk menghindari terjadinya korban jiwa ataupun kerusakan yang sangat merugikan. Poinnya itu,” sambung Dwikorita.

BMKG menjelaskan siklon ini belum memiliki nama lantaran belum baru sebatas bibit. Dia juga mengatakan, bibit siklon ini berbahaya untuk penerbangan pesawat yang terbang rendah. Sebab, pertumbuhan awan kumolonimbus yang tebal dan membahayakan.

“Bibit siklon atau siklon ini kan mengakibatkan juga pertumbuhan awan yang semakin intensif atau yang membahayakan bagi penerbangan. Jadi kalau menerobos awan itu dikhawatirkan akan menimbulkan guncangan atau ketidaknyamanan penerbangan,” katanya. (maria)

 

News Feed