oleh

Sandiaga Prihatin 94% Pangan Indonesia Dikuasai Kartel

-Utama-92 views

Jakarta, Radar Pagi – Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno prihatin dengan isu ketahanan pangan Indonesia yang 94%  dikuasai kartel, sementara Bulog cuma menguasai sisanya yang 6%.

“Di Indonesia hanya 6% yang dikuasai oleh Bulog, 94% dikuasai kartel. Mafia impor, pangan pegang kendali,” kata Sandiaga saat silahturahmi dengan Laskar Pangan Dunia di Jakarta Selatan, Sabtu (25/5/2019).

Kata Sandi, Indonesia banyak memegang rekor, tetapi sayangnya rekor-rekor buruk. Misalnya rekor impor tinggi sehingga menambah beban masyarakat.

Padahal, kata Sandi, Indonesia memiliki sejumlah produk unggul yang bisa bersaing dengan produk-produk dari luar negeri, sehingga Indonesia tidak perlu lagi mengimpor.

“Kita stop impor untuk hal-hal yang bisa kita produksi sendiri,” tegasnya.

Dikutip dari detikcom, kabar 94% bahan pangan Indonesia dikuasai kartel pertama kali diungkap oleh Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas).

Karena 94% pasar bebas di masalah pangan dikuasai kartel-kartel, Bulog negara hanya menguasai 6%,” ungkap dia di Gedung Bulog, Jakarta, Selasa (21/5/2019) silam.

Buwas juga mengungkapkan saat ini pihaknya juga telah menangkap beberapa pengusaha yang melakukan kartel. Sebab, baginya kepentingan petani dan masyarakat merupakan nomor satu.

Hanya saja, kegiatan ini untuk untuk sementara ditunda karena situasi politik yang tengah hangat.

“Sudah (kartel ditangkap). Tetapi karena situasi nggak bisa, situasi politik ini kita slow dulu. Bulog jelas orangnya, gampang kalau kita sampaikan masyarakat secara terbuka ngerjain petani dan masyarakat pasti akan dibunuh. Masyarakat kalau buka saja, kartel-kartel ini ada hukum kita lembah dibuka saja namanya.

Sementara itu, Buwas mengungkapkan kegiatan kartel dapat menaikkan harga pangan sehingga mendorong laju inflasi. Sehingga ia berharap agar kegiatan kartel dapat berkurang. (gunawan)

 

News Feed