oleh

Gempa Tektonik Magnitudo 5,8 Guncang Pulau Nias

-Sumatera-409 views

Nias Selatan, Radar Pagi – Gempa bumi tektonik berkekuatan Magnitudo 5,8 yang kemudian dimutakhirkan menjadi Mw=5,3 terjadi di wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera, Minggu (2/6/2019), pukul 10.03 WIB.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,52 LU dan 98,39 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 68 km Tenggara Nias Selatan di kedalaman 48 km.

Dampak gempa bumi dirasakan masyarakat di sebagian Kepulauan Nias, Sumatera Utara, yaitu Gunungsitoli, Nias barat dan Nias Selatan. Gempa juga terasa di sebagian wilayah Provinsi Sumatera Barat, yaitu di Padang Panjang, Bukittinggi, dan Pasaman Barat.

Sampai berita ini diturunkan belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi yang tidak berpotensi tsunami tersebut.

“Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Kepala Stasiun Geofisika Gunungsitoli Djati Cipto Kuncoro, Minggu (6/2/2019).

Djati menjelaskan, gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatra.

“Konvergensi kedua lempeng tersebut membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempa bumi yang sangat aktif di wilayah Sumatra. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran kombinasi penyesaran mendatar-turun turun atau oblique-normal Fault,” terang Djati. (Wilson)

 

News Feed