oleh

Gara-gara Dispenser Diambil Petugas, Puluhan Napi Bakar Rutan Sigli Aceh

-Hukum-93 views

Sigli, Radar Pagi – Pembakaran Rumah Tahanan (Rutan) dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) makin marak terjadi belakangan ini. Terbaru, Rutan Klas II B Sigli, Blang Paseh, Kabupaten Pidie, Aceh, dibakar penghuni hanya gara-gara mereka tidak terima dispenser disita petugas.

“Itu hanya insiden kecil, miskomunikasi antara petugas dengan warga binaan. Jadi ada petugas kita itu tanpa sepengetahuan kepala Rutan mengambil dispenser yang ada di kamar-kamar hunian warga binaan,” kata Kepala Divisi Pemasyarakaran Kanwil Kemenkumham Aceh, Meurah Budiman, Senin (3/6/2019).

Dispenser itu, kata Meurah, sebelumnya dibagikan oleh kepala Rutan untuk keperluan napi melaksanakan ibadah puasa. Tujuannya untuk memudahkan para warga binaan kala sahur dan berbuka. Tetapi ada pegawai Rutan yang menarik dispenser tadi tanpa sepengetahuan kepala Rutan.

“Pegawai tadi atas inisiatif pribadi tanpa melapor ke kepala Rutan mengambil semua dispenser yang ada di kamar, ditarik. Itu tidak boleh,” kata Meurah.

Saat ini kondisi gedung utama sudah habis terbakar, meski demikian tidak ada data korban jiwa maupun tahanan yang kabur. “Tidak ada pelarian napi dan tahanan dan tidak ada korban jiwa sampai saat ini,” kata dia.

Petugas pemadam kebakaran daerah setempat mengerahkan sedikitnya tiga mobil pemadam untuk mengatasi kebakaran itu. Petugas terus berupaya memadamkan titik api dari dalam lapas tersebut. Pantauan di lokasi, kantor utama lapas tersebut habis dilahap si jago merah sekitar pukul 11.30 WIB.

Petugas Rutan Sigli, tim kanwil kemenkumham Aceh dibantu petugas kepolisian sedang meredam suasana agar kerusuhan tidak meluas. Petugas dari Polres Pidie dan anggota TNI AD dari Kodim 0102/Pidie terpantau juga ikut mengamankan secara langsung area Rutan. (Mahdi)

News Feed