oleh

MUI Minta Masyarakat Waspadai Adu Domba Terkait Perempuan Bawa Anjing Masuk Masjid

-Hukum-192 views

Jakarta, Radar Pagi – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengapresiasi gerak cepat polisi mengamankan perempuan berinisial SM (52) yang membawa anjing ke Masjid Al Munawaroh, Sentul, Bogor. MUI juga meminta polisi segera mengungkap motif SM.

“MUI mengapresiasi pihak kepolisian yang bergerak cepat mengamankan wanita yang masuk ke dalam masjid sambil membawa anjing yang videonya viral di berbagai medsos. MUI meminta kepada kepolisian untuk mendalami perkara tersebut sehingga diketahui motif pelakunya,” kata Waketum MUI Zainut Tauhid Sa’adi dalam keterangannya, Senin (1/7/2019).

Zainut mengajak umat Islam untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi dengan informasi yang menghasut dan bernuansa SARA. Dia meminta umat Islam tidak terpecah belah.

“MUI meminta kepada semua pihak untuk tetap waspada terhadap pihak-pihak yang ingin memanfaatkan kasus ini untuk mengadu domba antarelemen masyarakat khususnya antarumat beragama,” ujar dia.

Sementara itu, Dewan Masjid Indonesia (DMI) meminta Kementerian Agama turut merespons kasus perempuan membawa anjing ke Masjid Al Munawaroh, Sentul, Bogor. DMI juga mengimbau ormas Islam untuk sama-sama memberikan pencerahan kepada masyarakat agar sabar dalam menyikapi kasus ini.

“Saya mengimbau kepada para organisasi islam lainnya, majelis ulama, para ormas-ormas Islam untuk kita bersama-sama mengimbau, memberikan pencerahan yang baik kepada khususnya umat islam, dan umumnya seluruh anak bangsa Indonesia untuk menyikapi masalah ini dengan ketulusan hati, kesabaran yang kita lakukan. Bagi pemerintah, kementerian agama agar ikut merespon, menyikapi hal ini, karena ini masalah kehidupan berbangsa dan bernegara,” Ketua Harian DMI Pusat, Syafruddin, di Kantor DMI Jalan Jenggala, Kebayoran Baru, Jaksel, Senin (01/7/2019).

Syafruddin berharap peristiwa ini tidak menjadikan umat Islam terpecah belah. Dia menyebut kasus tersebut sebagai ujian bagi kesabaran umat Islam.

Tanggapan Polri

Di tempat terpisah, polisi mengatakan penanganan kasus ini tak bisa terburu-buru. Meski ada pernyataan dari suami SM bila istrinya itu ditangani 2 rumah sakit kejiwaan, polisi tak lantas menarik kesimpulan. Pihaknya saat ini tengah melakukan tes kejiwaan secara independen di rumah sakit Polri Kramat Jati, Jakarta.

“Karena ini hasil tes kejiwaan butuh waktu observasi. Maka saat ini masih dalam perawatan medis. Terus kemudian nanti hasilnya akan kita koordinasikan,” ujar Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko.

Wanita tersebut juga sempat mengamuk di Mapolres Bogor saat menjalani pemeriksaan.

“Pemeriksaan masih kita lakukan. Namun ada kendala karena yang bersangkutan meluap-luap emosinya dan histeris. Selain itu keterangannya berubah-ubah,” kata Kapolres Bogor AKBP AM Dicky Pastika dalam keterangannya, Senin (1/7/2019).

Dicky meminta semua pihak tidak terpancing dengan informasi liar yang beredar di media sosial. Ia menyesalkan adanya isi narasi yang disebar warganet soal polisi tak mengamankan SM.

“Sudah kita tegaskan, perempuan dalam video itu kita amankan ke Polres Bogor. Sementara DKM dan jemaah kita periksa sebagai saksi apa yang dilakukan perempuan tersebut ketika berada di masjid, saksi kita periksa di Polsek Babakan Madang,” kata Dicky.

Menurut Dicky, saat ini memang beredar sejumlah narasi yang dibuat oleh warganet di media sosial, kepolisian ditegaskan Dicky lebih memilih untuk fokus terhadap penanganan peristiwa tersebut daripada memberikan tanggapan atas narasi yang beredar di medsos.

“Banyak info-info yang beredar di media sosial, lebih baik percayakan kepada polisi. Kita akan transparan dalam penanganan sesuai aturan hukum yang berlaku. Sekali lagi silahkan pantau prosesnya melalui media yang dipercaya,” tutur Dicky.

Diberitakan sebelumnya, seorang perempuan inisial SM bikin geger lantaran membawa seekor anjing masuk Masjid Al Munawaroh, Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (30/6/2019) pukul 14.00 WIB. Polisi lalu mengamankan perempuan itu.

“SM memasuki Masjid Al Munawaroh dengan membawa hewan anjing dengan tujuan mencari suaminya,” kata Dicky.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed