oleh

Christian Zebua: Pembentukan Provinsi Kepnis Terus Diperjuangkan

-Sumatera-90 views

Nias Selatan, Radar Pagi – Badan Persiapan Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias (BPP-PKN) terus berupaya dalam capaian pembentukan Provinsi Kepulauan Nias. Karena hal itu juga  adalah merupakan harapan masyarakat Kepulauan Nias.

Ketua Umum BPP-PKN Mayjen TNI (Purn) Christian Zebua mengatakan pihaknya akan terus berupaya dan berjuang dalam percepatan pembentukan Provinsi Kepulauan Nias ini.

“Kita terus berjuang, kita tunggu pemerintahan dengan kabinet baru terbentuk. Propinsi Kepulauan Nias adalah tujuan kita bersama  “Ya’ita ono Niha sanuwu Tano Niha,” kata Christian Zebua saat dikonfirmasi via whastsap, beberapa saat lalu.

Desakan dan Lobi-lobi telah dilakukan, mulai dari Menhukam, Mendagri, Menhan, Menppa dan kepada Kepala Staf Kepresidenan terus dilakukan dan beraudiensi untuk dukungan percepatan pembentukan Provinsi Kepulauan Nias.

Percepatan pembentukan Provinsi Kepulauan Nias tidak terlepas dari peran Pemerintah Daerah di 5 Kabupaten/Kota yang ada di Kepulauan Nias terutama dalam memaksimalkan pembangunan kesiapan Provinsi.

Masyarakat juga siap untuk menerima perubahan-perubahan dalam mendukung terwujudnya Propinsi yang dapat meyakinkan Pemerintah pusat bahwa Kepulauan Nias sudah dapat mandiri.

Terkait moratorium, Christian Zebua mengatakan bahwa itu adalah upaya semua calon daerah otonomi baru (CDOB) yang tentunya tidak terlepas dari dukungan DPR RI dan DPD.

“Itu yang diusahakan oleh semua CDOB yang didukung DPR RI dan DPD RI karena itu hak konstitusi daerah yang sudah penuhi syarat. Kita tunggu kebijakan pemerintah karena terkait dengan kesiapan dukungan anggaran pemerintah,” terangnya.

Christian Zebua berharap seluruh elemen masyarakat Kepulauan Nias untuk menyatukan tekad untuk terus maju dengan tidak pernah surut diiringi dengan do’a kiranya Pemerintah mencabut penundaan atau moratorium bagi daerah-daerah yang telah penuhi syarat dan Nias termasuk CDOB yang telah terpilih secara selektif menjadi daerah otonomi baru Propinsi Kepulauan Nias.

Wakil Koordinator Bidang Perencanaan dan Pengkajian BPP-PKN Samolala Lase menyampaikan pembentukan Provinsi Kepulauan Nias harus didukung oleh seluruh elemen dan organisasi masyarakat Kepulauan Nias yang ada di seluruh Indonesia.

“Semua lini BPP-PKN sudah melakukan lobi-lobi dan audiensi, tentunya hal ini tidak lain juga harus ada dukungan kekompakan dan penyatuan dari semua elemen dan organisasi masyarakat Kepulauan Niasl,” katanya. (Wilson)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed