oleh

Harga Cabai di Telukdalam Capai Rp 100 Ribu Perkilogram

-Ekonomi-67 views

Nias Selatan, Radar Pagi – Harga cabai di Telukdalam Kabupaten Nias Selatan (Nisel) mencapai Rp 100.000 perkilogram. Cabai merah dijual dari Rp 85.000 hingga Rp 100.000 perkilogramnya, sementara untuk cabai rawit dijual Rp 75.000 perkilogram.

Harga cabai tercatat naik terus setelah lebaran lalu. Padahal sebelum lebaran dan bahkan pada lebaran pun, harga cabai masih di kisaran harga Rp 40.000 hingga Rp 50.000 perkilogram.

“Cabenya naik setelah lebaran kemarin, harganya mulai Rp 70.000 dan terus naik bahkan sempat Rp 100.000 perkilo oleh pedagang lainya. Tapi kita jual dari Rp 85.000 hingga Rp 90.000 perkilo,” ujar Ina Aldo Waruwu, salah satu pedagang di Pasar Jepang di Jalan arah dermaga, Telukdalam, beberapa saat lalu.

Ina Aldo menjelaskan cabai selama ini yang mereka jual kebanyakan dipasok dari Siborong-borong dan Sibolga. Sementara pasokan dari hasil tani masyarakat setempat masih kurang.

“Kita ambilnya di siborong-borong setidaknya 62 kg sekali masuk. Setiap hari setidaknya 15 kg terjual. Pasokan dari petani lokal masih kurang, itu juga salah satu faktor naiknya harga cabai ini,” jelas Ina Aldo.

Diteruskan, pasokan cabai dari petani lokal berasal dari Hilisimaetano Kecamatan Maniamolo dan Kecamatan Gomo. Itupun bukan dari petani langsung mereka ambil akan tetapi dari penggalas.

“Cabai lokal kita ambilnya dari penggalas, harga yang dijual ke kita kisaran Rp 80 ribu perkilo tentu kita jualnya ke harga Rp Rp 85 ribu hingga Rp 90 perkilonya,” katanya.

Lanjutnya, dia berharap Pemerintah Kabupaten Nias Selatan dapat menggenjot petani cabai di Nias Selatan agar komoditas cabai tidak perlu lagi dipasok dari luar daerah.

“Harapannya Pemda dapat menggenjot para petani cabai di Nias Selatan, sehingga pasokan dari luar itu dapat berkurang dan harga pun dapat bersaing. Apalagi bila cabai lokal kan utuh dia kalau dari seberang kan rusak di tengah jalan,” harapnya.

Harga bahan komoditas lainya seperti sayur-sayuran masih stabil. Sementara harga bawang merah malah turun dari Rp 35.000 perkilogram menjadi Rp 25.000 hingga Rp 28.000. (Wilson)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed