oleh

Bupati Kudus Korupsi Karena Terlilit Utang

-Hukum-857 views

Jakarta, Radar Pagi – Bupati Kudus Muhammad Tamzil resmi menyandang status tersangka dugaan kasus jual-beli jabatan. Ternyata Tamzil korupsi karena sedang terlilit utang.

Belum diketahui berapa utang Tamsil dan kepada siapa dia berhutang. Namun dari pengakuan sementara, dia meminta stafnya mencarikan uang sebesar Rp 250 juta.

“Kasus ini diawali dengan pembicaraan Bupati Kudus MTZ (Muhammad Tamzil) yang meminta kepada Staf Khusus Bupati, ATO (Agus Soeranto) untuk mencarikan uang sebesar Rp 250 juta untuk kepentingan pembayaran utang pribadinya,” kata Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan di Gedung KPK, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (27/7/2019).

Menariknya, Muhammad Tamzil dan Agus Soeranto seolah sudah sehidup semati dalam bidang perkorupsian. Bisa dibilang mereka merupakan soulmate (belahan jiwa) karena sebelumnya juga pernah bersama-sama dipenjara karena korupsi, tetapi dalam kasus yang berbeda.

“Saat menjabat Bupati Kudus periode 2003-2008, MTZ terbukti bersalah melakukan korupsi dana bantuan saran dan prasarana pendidikan Kabupaten Kudus untuk tahun anggaran 2004 yang ditangani Kejaksaan Negeri Kudus,” kata Basaria Pandjaitan.

Pada saat Muhammad Tamzil menjalani hukuman di Lapas Kedungpane, dia kembali bertemu dengan Agus Soeranto yang juga sedang menjalani hukuman dalam kasus yang berbeda. Setelah bebas, Tamzil maju di Pilkada 2018 dan menang. Begitu menjabat Bupati lagi, dia langsung mengangkat Agus Soeranto sebagai staf khusus Bupati.

Tamzil sebelumnya diciduk dalam operasi tangkap tangan (OTT) KPK di Kudus, Jawa Tengah pada Jumat (26/7/2019) kemarin. Selain dia, KPK juga menetapkan dua lainnya sebagai tersangka, yaitu Agus Soeranto dan Plt Sekretaris Dinas DPPKAD Kabupaten Kudus Akhmad Sofyan selaku pemberi suap. (maria)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed