oleh

HKG PKK Nasional ke-47, Ny. Herawati Tabuni: Kita Jadi Termotivasi   

Padang, Radar Pagi – Puncak pelaksanaan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) Tingkat Nasional ke-47 yang diselenggarakan di Kota Padang Sumatera Barat (Sumbar) resmi ditutup Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Sabtu (27/7/2019) kemarin. Ketua dan pengurus Tim Penggerak (TP)-PKK pusat hingga provinsi, kabupaten dan kota se-Indonesia, termasuk dari Kabupaten Intan Jaya, Papua, hadir dalam acara tersebut

Kegiatan yang berlangsung pada 24-27 Juli 2019 ini dihadir lebih dari 5.000 peserta sejak awal pembukaan hingga penutupan kemarin. Tercatat ada 150 stand pameran dari 25 provinsi yang menampilkan produk unggulan daerah hasil binaan para kader PKK.

Beragam perlombaan pun digelar untuk meramaikan suasana, antara lain fashion show pakaian adat khas daerah, lomba pentas drama yang diikuti oleh pengurus PKK kabupaten/kota se-Sumatera Barat, dan Festival Marandang yang diikuti masing-masing daerah.

Festival Marandang adalah lomba memasak rendang. Digelar pada Jumat (26/7/2019), di halaman Museum Adityawarman, Jalan Diponegoro Nomor 10, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang. TP PKK Sumatera Utara (Sumut) menjadi pusat perhatian lantaran berani tampil menghibur para peserta dan pengunjung lewat tarian.

Sambil menunggu dan menghibur para anggota yang sedang memasak rendang, beberapa anggota TP-PKK Sumut menari mengikuti lagu-lagu dari berbagai daerah yang sedang diputar.

Uniknya lagi, meski rendang merupakan masakan khas Sumatera Barat, namun pemenang pertama Festival Marandang kali ini adalah Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Bengkulu keluar sebagai pemenang kedua, dan Provinsi Sumut menempati posisi ketiga. Rupanya menu rendang memang sudah menjadi milik masyarakat Indonesia, sehingga peserta dari luar Sumatera Barat pun mahir membuatnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Intan Jaya, Ny. Herawati P. Tabuni, SKM, mengaku sangat senang bisa menghadiri kegiatan ini karena dengan begitu dirinya bersama seluruh pengurus bisa membandingkan kemajuan sejumlah program yang selama ini dijalankan TP-PKK Intan Jaya dengan TP-PKK daerah lain.

“Kita jadi termotivasi untuk terus memberikan usaha-usaha yang terbaik dalam meningkatkan kualitas dan kesejahteraan keluarga di Kabupaten Intan Jaya. Kalau daerah lain bisa maju, kita juga pasti bisa,” kata Ny. Herawati kepada Radar Pagi, Minggu (28/7/2019).

Dr Jiki Novita Jacobus (Sekretaris PKK), Ny Herawati P. Tabuni, SKM (Ketua TP PKK Intan Jaya), Yuliana Welikin, SE.MM (Wakil Sekretaris), Elisani (anggota Pokja I)

Ny Herawati menjelaskan, tema HKG PKK kali ini adalah “PKK Bekerja, Keluarga Indonesia Sejahtera”,  tema tersebut menurutnya sangat tepat untuk mendorong TP-PKK berperan aktif membangun negara melalui keluarga.

“Sebab pada dasarnya PKK mampu menjadi mitra kerja pemerintah dengan berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak untuk menciptakan keluarga berkualitas yang sejalan dengan arah pembangunan pemerintah daerah maupun pusat,” katanya.

Ketua Tim Penggerak PKK Papua Yulce W. Enembe dalam lomba fashion show busana daerah

Untuk itu, dia berharap para ibu PKK, khususnya di Kabupaten Intan Jaya, senantiasa melanjutkan upaya-upaya penyejahteraan keluarga di lingkungan masing-masing, dan bersinergi dengan perangkat daerah mulai tingkat provinsi sampai di tingkat kelurahan dan desa,   serta pihak-pihak terkait lainnya.

“Jangan sedih dan kecewa meski kita belum meraih penghargaan dalam ajang ini, tetap berusaha. Karena yang terpenting adalah usaha untuk terus meningkatkan kualitas keluarga di Kabupaten Intan Jaya,” katanya.

Ny. Herawati pun mengucapkan selamat atas keberhasilan Ibu Ketua TP PKK Provinsi Papua yang meraih Juara Favorit 5 dalam komba fashion busana khas daerah. “Juga kepada seluruh tim PKK yang telah mengikuti kegiatan di Kota Padang, semoga selalu sukses dan jaya terus PKK,” tandasnya. (Om Yan)

 

 

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed