oleh

Nias Selatan Masuki Usia ke-16, Ini Berbagai Capaian yang Telah Diraih

-Sumatera-42 views

Nias Selatan, Radar Pagi – Kabupaten Nias Selatan genap berusia 16 tahun. Di usia yang masih seumur jagung itu, ternyata beragam capaian telah berhasil dilakukan.

“Bidang pembangunan  yang mendapat perhatian serius Pemkab Nias Selatan di antaranya adalah sektor pertanian, pariwisata, infrakstruktur dan transportasi telah menunjukkan hasil yang signifikan,” ujar Bupati Nias Selatan Hilarius Duha pada acara peringatan Hari Jadi Kabupaten Nias Selatan ke-16 yang digelar di Lapangan Orurusa Telukdalam, Senin (29/7/2019).

Pemkab Nias Selatan, kata Hilarius, juga berhasil mendapatkan predikat Wajar dengan Pengecualian (WDP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Hal ini merupakan pertama kali yang kita dapatkan dalam pengelolaan keuangan sejak Kabupten Nias Selatan ini terbentuk,”  jelasnya.

Beberapa prestasi lain yang diraih terutama dalam bidang Pariwisata, seperti Nias Pro yang diprkarsai WSL, Ya’ahowu Nias Festival (YNF), dan Sail Nias 2019 yang didukung oleh pemerintah pusat.

“Kegiatan ini merupakan batu loncatan dalam usaha meningkatkan level kepariwisataan yang berujung pada kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara,” tuturnya.

“Selaras adanya demokrasi otonom daerah selama 16 tahun ini kita telah merasakan dan menikmati dari pembangunan oleh kita, dari dan untuk kita,” sambungnya.

Pelepasan Burung

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Nias Selatan ke-16 yang bertemakan “Bangun Kerjasama dan Kompetisi Kerja menuju Nias Selatan Semakin sukses” ini ditandai dengan pelepasan puluhan ekor burung merpati dan pemotongan kue ulang tahun.

Sebelumnya, beragam lomba juga sudah digelar untuk memeriahkan perayaan Hari Jadi ini, antara lain Lomba Domino (25 Juli), Senam Massal (26 Juli), Lomba Lari Tempurung (26 Juli), dan Lomba Paduan Suara (27 Juli).

Hilarius berharap peringatan Hari Jadi Kabupaten Nias Selatan tahun ini menjadi momentum untuk melaksanakan perubahan yang akan mengantarkan masyarakat ke ‘pulau kehidupan’ yang mandiri dan sejahtera.

Tak luput juga dia mengucapkan terima kasih atas dedikasi yang telah dilakukan oleh pemerintahan sebelumnya dalam memimpin Nias Selatan.

“Saya juga mengucapkan setinggi-tingginya kepada para pendahulu yang pernah memimpin Nias Selatan, kepada para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh wanita, tokoh pendidikan dan seluruh masyarakat Kabupaten Nias Selatan yang telah mewarnai perubahan Kabupaten Nias Selatan,” tukasnya. (Wilson)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed