oleh

Gibran dan Kaesang Masuk Bursa Cawalkot Solo, Luhut: Bagus Juga!

-Utama-57 views

Jakarta, Radar Pagi – Dua putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep masuk bursa Calon Wali Kota (cawalkot) Solo pada Pilkada 2020. Menanggapi hal itu, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan kalau memang rakyat menghendaki keduanya menjadi Cawalkot Solo maka hal itu bagus asalkan rakyat memang menghendaki.

“Saya pikir kalau dia mau dan rakyat mau bagus juga,” kata Luhut dalam acara “Afternoon Tea With Menko Luhut di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Senin (5/8/2019).

Namun Luhut mengingatkan, meskipun Gibran dan Kaesang berstatus putra presiden, keduanya harus tetap mengikuti tahap-tahap yang sudah lazim dilakukan di jalur politik.

“Jadi jangan terus tiba-tiba pengen jadi Presiden,” ucapnya.

Menurut Luhut, majunya Gibran dan Kaesang dalam Pilwakot Solo dapat menjadi pembelajaran, asalkan tidak semata-mata hanya untuk mencapai kedudukan tinggi. “Kalau itu jadi suatu pembelajaran baik buat kita. Jangan karena (populer) terus pengin naik ke atas,” ujarnya.

Dia menilai keluarga Jokowi adalah keluarga yang sangat demokratis. Jokowi menyerahkan sepenuhnya keputusan maju tidaknya di Pilkada Solo kepada kedua putranya.

“Saya juga sempat bertanya juga, Pak itu katanya Kaesang mau maju jadi wali kota, beliau jawabnya ya terserah Kaesang saja,” tutur Luhut.

Nama Gibran dan Kaesang masuk sebagai figur potensial sebagai Cawalkot Solo pada Pilkada 2020 berdasarkan hasil riset kepemimpinan Kota Solo Periode 2020-2024 oleh Laboratorium Kebijakan Publik Unisri Solo.

Namun peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Donal Fariz meminta Jokowi melarang anaknya maju ke kancah politik karena dikhawatirkan akan ada anggapan Jokowi tengah membangun dinasti.

“Ketika justru anaknya terlibat di dalam politik praktis, mencalonkan diri menjadi calon kepala daerah pada saat Jokowi sedang berkuasa maka kemudian dianggap akan muncul tudingan Jokowi sedang membangun politik dinasti,” kata Donal di kawasan Cikini, Jakarta Pusat pada Selasa (30/7/2019) silam. (maria)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed