oleh

Banyak Prestasi Dicapai, Peserta Munas V HIMNI Terima LPJ Ketua Umum

-Jabodetabek-157 views

Jakarta, Radar Pagi – Ratusan peserta Munas V Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) menerima dengan baik Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) yang disampaikan Ketua Umum DPP HIMNI periode 2015-2019, Marinus Gea,  di The Forest Hotel, Bogor (23/8/2019) kemarin.

Dalam LPJ yang dia sampaikan, Marinus menegaskan HIMNI yang mengusung slogan “Bersatu Kita Bisa” menjadi landasan semangat dalam merealisasikan semua program yang ada.

“Kita harus bergerak, apapun tantangannya. Pelan tapi pasti, kita bisa mewujudkan Nias sebagai Pulau Impian dan melalui HIMNI kita mampu menciptakan kader yang mampu mentransformasikan semangat perjuangan dan kemajuan Ono Niha sebagaimana kita mimpikan bersama” katanya.

Dia mengatakan LPJ yang dia sampaikan merupakan sebuah catatan keberhasilan yang nyata, meski masih terdapat beberapa kekurangan,  seperti HIMNI belum memiliki gedung sekretariat, dan munculnya sikap skeptis dari beberapa masyarakat Nias sendiri menyangkut eksistensi organisasi tersebut.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa dalam kurun 4 tahun terakhir, HIMNI telah melakukan banyak hal, seperti revitalisasi di 4 DPD yang sempat vacum (Aceh, Kalbar, Lampung dan Papua), serta membentuk 7 DPD baru (Yogyakarta, Sulut, Kaltim, Bali, Bengkulu, NTT dan Kalteng), serta menyusun PO (Peraturan Organisasi) yang terdiri dari 11 BAB dan 158 pasal yang tidak terdapat dalam AD dan ART HIMNI.

Sementara di bidang pengembangan SDM, HIMNI telah mendorong lahirnya sekolah pariwisata di Kepulauan Nias, khususnya di Gunungsioli. Sementara di bidang ekonomi, HIMNI telah menginisiasi pembentukan GAPNINDO (Gabungan Pengusaha Asal Nias) yang dideklarasikan oleh Ketua Umum HIMNI Marinus Gea yang kepengurusannya telah dilantik oleh Menkumham Yasonna Laoly pada Juni 2017 di Jakarta.

“Di bidang Komunikasi, HIMNI membuat website sendiri yang menginformasikan setiap kegiatan dan program pengurus di semua tingkatan kepada masyarakat, serta menjalin kerjasama dengan lembaga pemerintahan dan swasta untuk kemajuan HIMNI dan Kepulauan Nias,” kata Marinus.

Prestasi HIMNI lainnya adalah keberhasilan menyelenggarakan seminar dan turnamen di bidang olahraga untuk mengoptimalkan potensi pemuda. Lalu launching pariwisata kepulauan Nias  pada tahun 2016 diikuti dengan keberhasilan menjadikan Pesta Ya’ahowu sebagai event rutin tiap tahun dan masuk dalam kategori 100 event nasional yang terdaftar di Kemenpar RI, serta masih banyak lagi pencapaian lain yang sudah dibuat oleh HIMNI.

Marinus Gea menegaskan keyakinannya bahwa HIMNI akan menjadi besar bila kita bersatu, apalagi pengurus HIMNI banyak yang sudah masuk dalam struktur pemerintahan, baik sebagai kepala daerah, legislatif dan kementerian, sehingga dapat mengarahkan kebijakan terhadap pembangunan di Kepulauan Nias.

“Kita butuh kerjasama, komitmen, kreativitias dan kontribusi dari seluruh pihak, terutama Ono Niha jika kita mau menjadikan Kepulauan Nias sebagai Pulau Impian,” kata Marinus. (eka)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed