oleh

Marinus Gea: Jadikan HIMNI sebagai Omo Sebua

-Jabodetabek-212 views

Jakarta, Radar Pagi – Dalam Kepengurusan DPP HIMNI periode 2015-2019 terjadi perkembangan organisasi yang sangat pesat, yaitu bertambahnya DPD dari 12 DPD menjadi 24 DPD,  dan dari 70-an DPC menjadi 127 DPC. Karenanya HIMNI adalah organisasi masyarakat Nias terbesar saat ini, karena mempunyai jaringan setidak-tidaknya di 23 Provinsi di Indonesia.

Demikian dikatakan Ketua Umum HIMNI Marinus Gea, SE., M.Akm, dalam sambutannya di acara pembukaan MUNAS V HIMNI yang diselenggarakan di kawasan Bogor, Jawa Barat, kemarin.

“Perkembangan ini tentu cukup menggembirakan karena menunjukkan HIMNI semakin dapat diterima dan semakin dirasakan keberadaannya oleh masyarakat kita di seluruh tanah air. Perkembangan ini ke depan harus diisi dengan kualitas organisasi yang semakin baik dan program kerja yang semakin menyentuh kepentingan masyarakat Nias,” kata Marinus.

Dia berharap HIMNI sebagai Omo Sebua (Rumah Besar) Ono Niha dapat menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi semua. Dia juga menyebut ada beberapa warga Nias yang bermukim di luar negeri menyatakan keinginan bergabung dengan HIMNI. Namun hal tersebut kemarin masih terkendala aturan AD/ART.

Terkait aturan ini, Marinus juga mengatakan AD/ART belum mengatur soal DPC yang membentuk Dewan Pengurus Ranting (DPRan) pada tingkat Kecamatan.

“Pada persidangan MUNAS ini tentu ini harus diformulasikan dengan baik dalam AD/ART yang akan dirubah agar sesuai dengan perkembangan tersebut,” katanya.

Ditegaskannya, HIMNI telah berusia dua puluh tahun, sehingga diharapkan menunjukkan suatu proses kedewasaan demokrasi dalam berorganisasi.  Dia berharap ke depannya, kepengurusan DPP HIMNI harus lebih fokus, dan juga harus diberikan kepada kader-kader yang mempunyai komitmen tinggi dan rela berkorban demi pembangunan masyarakat. HIMNI harus dijadikan organisasi kader dan bukan menjadi organisasi akomodasi.

“Struktur organisasi yang ramping barangkali  menjadi model pengorganisasian, karena harapan besar kita, HIMNI harus menjadi organisasi kader yang mampu mencetak pemimpin-pemimpin masyarakat Nias,” tegasnya. (eka)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed