oleh

Menkumham Yasonna Minta HIMNI Jadi Katalisator dan Stimulator Pembangunan

-Jabodetabek-195 views

Jakarta, Radar Pagi – Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H. Laoly meminta Munas V HIMNI (Himpunan Masyarakat Nias Indonesia) dijadikan ajang untuk menyumbangkan gagasan, ide, dan membuka peluang bagi kemajuan bersama.

“Musyawarah Nasional V HIMNI yang akan berlangsung dalam tiga hari ke depan menjadi sebuah momentum bagi kita untuk melihat kembali hal-hal yang sudah dicapai selama ini dan menjadi dasar dalam menyusun langkah ke depan,” kata Menkumham di acara pembukaan Munas V HIMNI yang digelar di The Forest Green Hotel, Jl. RE. Sumartadireja No.99, Bogor, Jawa Barat, Jumat (24/8/2019).

Menurut Menkumham, meski saat ini kita sudah memasuki era digital yang serba cepat dan instan, namun secepat apa pun perubahan, Sumber Daya Manusia adalah penentu.

“Oleh karenanya, HIMNI harus terus berperan dalam upaya memajukan SDM Kepulauan Nias. Kemajuan Sumber Daya Manusia harus menjadi perhatian serius agar kita dapat menguasai pengetahuan dan teknologi, sehingga memiliki daya saing di tingkat nasional dan internasional,” katanya.

Selain itu, kata Menkumham, pengembangan ekonomi Kepulauan Nias juga harus menjadi salah satu perhatian bersama. Potensi pertanian, kelautan dan pariwisata harus terus digali dan dikembangkan.

“Satu hal yang juga tidak kalah penting dalam upaya pengembangan ekonomi dan harus kita dukung, yakni pembangunan infrastruktur di Kepulauan Nias. Karena hal ini sangat penting sebagai sektor penunjang lalu lintas orang, barang, dan jasa,” katanya.

Hal-hal tersebut, ujar Menkumham, harus menjadi perhatian bersama. Dan HIMNI harus menjadi katalisator dan stimulator dalam pelaksanaan dan  pencapaiannya.

“Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah membangun kampung halaman. Karena kemajuan kampung halaman adalah kebanggaan kita bersama dan warisan untuk anak cucu,” harapnya.

Pembukaan Munas V HIMNI diawali dengan iringan musik lagu Tano Niha dan Maena,  dilanjutkan dengan pemberian ‘Bola Nafo” kepada Menkumham Yasonna H. Laoly, Ketua Umum HIMNI Marinus Gea, dan tokoh-tokoh undangan lainnya.

Agenda dalam Munas kali ini terdiri dari tiga bagian utama, yaitu memilih pengurus DPP HIMNI untuk periode 2019-2023, meninjau kembali perubahan AD dan ART HIMNI, dan menetapkan program kerja HIMNI 2019-2023.  (eka)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed