oleh

KPK Tangkap Seluruh Direksi Perum Perindo

-Hukum-86 views

Jakarta, Radar Pagi -Tim Satuan Tugas (Satgas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan 9 orang dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Jakarta dan Bogor pada Senin (23/9/2019). 3 dari 9 orang itu adalah seluruh jajaran Direksi Perum Perindo. Sisanya pegawai pegawai Perindo dan pihak swasta importir.

“Tiga orang direksi tersebut sedang diklarifikasi lebih lanjut. Kita juga belum menyebut status hukumnya sudah tersangka atau belum,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (23/9/2019).

Sesuai dengan hukum acara yang berlaku, KPK diberikan waktu paling lama 24 jam untuk menentukan status hukum perkara ini dan status hukum pihak-pihak yang diamankan.

“Saat ini masih proses klarifikasi atau konfirmasi dalam waktu 24 jam,” ucapnya.

Tim juga menyita uang sebesar 30 ribu dolar Singapura atau senilai Rp400 juta. Uang tersebut diduga merupakan barang bukti suap terkait fee jatah kuota impir jenis ikan tertentu. Salah satu jenis ikan yang teridentifikasi saat ini adalah ikan jenis frozen pacific mackerel atau ikan salem.

“Tim mengamankan barang bukti berupa uang sebesar USD30 ribu atau lebih dari Rp400 juta. Diduga uang ini merupakan fee jatah kuota impor ikan jenis tertentu yang diberikan Perum Perindo pada pihak swasta,” ucapnya.

Dilihat dari situs resmi perumperindo.co.id, terdapat 3 pejabat yang berada di jajaran direksi yaitu Direktur Utama Risyanto Suanda, Direktur Keuangan Arief Goentoro, dan Direktur Operasional Farida Mokodompit.

Para direksi itu sedang rapat di Bogor saat diamankan KPK. Sisanya (pegawai Perindo dan swasta) ada yang ditangkap di Jakarta. Namun, Febri tak menjelaskan detail rapat apa yang digelar di Bogor tersebut. Dia kemudian menyebut tim dari KPK juga mengamankan uang dari pihak swasta yang diduga sebagai pemberi saat transaksi dengan perantara.  (safrizal)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed