oleh

Yasonna H. Laoly Mengundurkan Diri dari Jabatan Menkumham

-Utama-142 views

Jakarta, Radar Pagi – Yasonna Hamonangan Laoly mengundurkan diri dari jabatan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham). Surat pengunduran dirinya sudah disampaikan kepada Presiden Jokowi.

Surat pengunduran dirinya tertanggal Jumat 27 September 2019 dan ditandatangani Yasonna.

Karo Humas Kemenkumham, Bambang Wiyomo, menjelaskan mundurnya Yasonna dikarenakan akan dilantik menjadi anggota DPR RI pada 1 Oktober 2019 mendatang, bukan  karena sebab lain.

“Pak Menteri kan enggak boleh rangkap jabatan,” ujar Bambang Wiyomo, Jumat (27/9/2019).

Hal itu, kata Bambang, diatur dalam Pasal 23 Undang-undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara, yang menjelaskan ‘Menteri dilarang merangkap jabatan sebagai pejabat negara lainnya sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menerima surat pengunduran diri Yasonna Hamonangan Laoly sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham). Surat itu diterima Jokowi saat bertemu dengan Yasonna pada Jumat (27/9/2019) pagi.

“Iya. Sudah betul itu (Jokowi terima surat pengunduruan diri Yasonna),” ujar Tenaga Ahli Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Ali Mochtar Ngabalin dikutip dari Okezone.

Ngabalin memastikan bahwa alasan pengunduran diri Yasonna sebagai Menkumham karena akan dilantik pada 1 Oktober 2019 mendatang sebagai anggota DPR RI. Ia pun menegaskan bahwa politisi PDIP itu mundur bukan karena polemik UU KPK dan RKUHP.

“Kan butuh persiapan ini, persiapan itu. Baju sana, baju sini. Kalau dia mesti mundur karena serah terima jabatan. Dokumen sana, dokumen sini. Kasih pindah barang-barang dari kantor. Jangan lagi kasih persoalan itu,” tuturnya.

Ngabalin menegaskan, tak ada lagi polemik sejumlah rancangan undang-undang (RUU) yang ditolak karena Presiden Jokowi dan DPR sudah sepakat menunda pengesahan RUU tersebut. Adapun RUU yang ditunda ada di antaranya RUU KUHP.

“Sudah aman. RUU itu juga tidak ada masalah,” ujarnya. (yon)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

News Feed