oleh

Kalau Kereta Cepat Sudah Beroperasi, Jakarta-Bandung Cuma 36 Menit

-Ekonomi-625 views

Cikarang, Radar Pagi – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) berjalan sesuai target dan telah memasuki tahap pembangunan jalur elevated (jalur layang).

“Ini merupakan pencapaian luar biasa dan suatu lompatan untuk memacu semangat sinergi semua pihak yang terlibat untuk mewujudkan Kereta Cepat pertama pada 2021,” ujar dia di lokasi peresmian girder pertama elevated konstruksi proyek kereta cepat di Cikarang Barat, Senin (30/9/2019)

Setelah kereta cepat beroperasi di tahun 2021, perjalanan Jakarta-Bandung sepanjang lebih dari 140 km dapat ditempuh dalam waktu 36 menit bila kereta melakukan perjalanan langsung tanpa berhenti di setiap stasiun. Atau waktu tempuhnya menjadi 46 menit, bila kereta berhenti di setiap stasiun. Yang jelas, berapapun waktu tempuh sebenarnya, Jakarta-Bandung nantinya dapat ditempuh di bawah 1 jam.

Adapun keempat stasiun yang akan dilalui kereta cepat Jakarta-Bandung adalah Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Walini, dan Stasiun Tegalluar.

“Dari total 142,3 km trase kereta cepat, jarak Halim hingga Tegalluar akan dapat ditempuh hanya dalam waktu sekitar 36 menit untuk perjalanan langsung atau sekitar 46 menit untuk perjalanan tidak langsung,” tutur dia.

Stasiun Tegalluar berada di Desa Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Desa ini memiliki luas wilayah 736 hektare (ha) dengan jumlah penduduk 14 ribu jiwa. Di sebelah utara, Desa Tegalluar berbatasan dengan Tol Padalarang-Cileunyi dan Kota Bandung. (rian)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed