oleh

Rini Soemarno Resmikan Girder Pertama Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

-Ekonomi-603 views

Cikarang, Radar Pagi – Pembangunan proyek kereta cepat Jakarta Bandung menapaki babak baru. Girder pertama yang merupakan bagian dari struktur elevated proyek tersebut diinstalasi untuk kali pertama pada Senin (30/9/2019). Ditargetkan progres proyek kereta cepat Jakarta-Bandung hingga akhir tahun 2019 ini pengerjaan konstruksinya mencapai 50%.

“Sampai tahun ini Insya Allah kita targetkan selesainya 50%. Jadi sekarang kita coba cepat selesaikan,” ujar Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno pada peresmian girder pertama dari struktur elevated (jalur layang) kereta cepat Jakarta-Bandung di sisi KM 26 Tol Jakarta-Cikampek, di sekitar Gerbang Tol Cikarang Utama, Senin (30/9/2019).

Menurutnya, saat ini tiang-tiang proyek kereta cepat ini sudah selesai. Tinggal memindahkan kabel transmisi listrik yang ada di Cikarang.

Dan untuk jalan kereta cepat ini, 80 kilometer (km), elevated (jalan layang), dan 16,9 km adalah terowongan. Sehingga panjangnya 142 km,” tutur dia.

Dia juga berharap kemampuan pembangunan yang dilakukan kereta cepat ini bisa dimanfaatkan untuk hal lain. Karena sekarang sedang membangun lagi bangun tol di Sumatera.

“Kita akan membuat jalan tol yang akan, menembus Bengkulu agar masuk ke Pekanbaru itu harus menembus pegunungan. Nah, saya harapkan kemampuan di sini ini nanti juga bisa dimanfaatkan di tempat lain,” kata dia.

Berdirinya pier-pier megah yang membentang di sepanjang area Cikarang Utama akan menjadi bagian dari pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung. Struktur elevated mendominasi hampir 60% jalur kereta cepat sepanjang 142,3km.

“Dengan menggunakan full span box girder launcher yang dioperasikan di atas pier, proses instalasi tersebut tidak akan mengganggu aktivitas dari jalan tol,” ungkap Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Chandra Dwiputra, melalui keterangan tertulis. (rian)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed