oleh

20 Persen PNS Jawa Barat Disinyalir Kerjanya “Planga-plongo”

-Ekonomi-164 views

Bandung, Radar Pagi – Sekitar 20 persen pegawai negeri sipil di Jawa Barat tak paham akan tugas pokok dan fungsi mereka. Hal itu dikatakan Sekretaris Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PAN-RB Didid Noordiatmoko.

Dia menyebut data tersebut merupalam hasil survei Kementerian PAN-RB terhadap para PNS di Pemerintah Provinsi Jabar serta 27 kota kabupaten di Jawa Barat.

“Dalam evaluasi tahun lalu kami melakukan survei terhadap pegawai sehingga kami berkesimpulan bahwa sekitar 20 persen mereka tidak tahu yang dikerjakan. Tidak bisa menghubungkan tugas fungsi di SK dengan apa yang mereka kerjakan tidak nyambung,” ujar Didid dalam Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (AKIP) dan Reformasi Birokrasi di Provinsi Jawa Barat di Gedung Sate, Rabu (2/10/2019).

Didid menjelaskan, hasil survei di Jawa Barat memang relatif lebih baik dari daerah lain. Meski demikian, angka tersebut terlalu tinggi dan berpotensi memengaruhi capaian kinerja pemerintah daerah.

“PNS Jabar itu kan berapa juta? 20 persennya sudah berapa? Ketika angkanya 20 persen itu terlalu banyak dan mudah-mudahan setahun ini ada perbaikan,” katanya.

Didid mengaku telah memberikan saran rekomendasi kepada daerah untuk melakukan perbaikan seperti meminta supervisi secara berkala dari para atasan mulai kepala daerah hingga pegawai eselon IV.

“Ini tentu agak berbahaya, bukan salah mereka jika mereka ada di staf paling bawah tentu ini jadi kewajiban para atasan. Mudah-mudahan evaluasi tahun ini lebih baik,” tuturnya. (heri)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed