oleh

Olga Tokarczuk dan Peter Handke Raih Nobel Sastra

Jakarta, Radar Pagi – Akademi Swedia mengumumkan dua nama peraih Nobel Sastra untuk tahun 2018 dan 2019, masing-masing Olga Tokarczuk dari Polandia dan Peter Handke asal Austria.

Olga Tokarczuk dinobatkan sebagai peraih Nobel Sastra 2018. Sedangkan Peter Handke menerima Nobel Sastra 2019.

Keduanya sudah diberitahukan mengenai penghargaan yang diterima hari ini. Peter Handke sedang berada di kediaman pribadinya saat menerima telepon dari Akademi Swedia. Sedangkan Olga, sedang melakukan tur buku di Eropa.

“Olga sedang berada di Jerman untuk mempromosikan bukunya. Dia sampai menepikan mobilnya untuk menjawab telepon dan terkejut mendengar kabar meraih Nobel Saatra 2018,” ujar Sekretaris Tetap Akademi Swedia, Mats Malm, Kamis (10/10/2019).

Pilihan kepada penulis perempuan benar-benar ditepati oleh Akademi Swedia karena memandang selama ini pemenang Hadiah Nobel kebanyakan adalah pria. Serta memiliki latar Eurosentris. Skandal kasus pelecehan seksual pun membuat mereka lebih berhati-hati lagi dalam memilih nama yang keluar sebagai pemenang.

Setelah kabar kemenangan tersebut, keduanya wajib memberikan ceramah tentang kiprah menulis dan karya-karyanya di hadapan publik Swedia Desember mendatang. Tradisi tersebut terus dijaga Akademi Swedia sejak penyelenggaraan awal Hadiah Nobel. (viktor)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed