oleh

Museum Benteng Vredeburgh Raih Anugerah Museum 2019

-Kabar Seni-132 views

Jakarta, Radar Pagi – Sebagai puncak acara peringatan Hari Museum Indonesia 2019, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan penghargaan kepada museum serta para juru pelestari dan pemelihara museum, di antaranya Museum Benteng Vredeburgh yang meraih penghargaan sebagai museum dengan pengelolaan terbaik.

Pemberian penghargaan dilaksanakan di Taman Fatahillah, Kota Tua, Jakarta Barat, Sabtu (12/10/2019). Penghargaan yang diberikan adalah Anugerah Museum dan Anugerah Cagar Budaya.

Anugerah Museum diberikan kepada pengelola museum. Sedangkan Anugerah Cagar Budaya diberikan kepada juru pelaku pelestari dan pemelihara cagar budaya di Indonesia.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy.

Dalam sambutannya, Muhadjir mengatakan museum adalah lambang peradaban sebuah bangsa, dan tingkat kemajuan bangsa tecermin dari komitmen memelihara serta memperhatikan museum.

“Semakin peduli, semakin kuat, komitmennya di dalam menangani, memelihara, mengembangkan, dan memperhatikan museum, biasanya semakin tinggilah tingkat peradaban sebuah bangsa itu,” kata Muhadjir.

Dia juga menyampaikan komitmen pemerintah untuk memajukan museum. Memajukan museum, menurutnya, adalah tanda bahwa Indonesia mengalami kemajuan yang signifikan.

“Oleh sebab itu, komitmen pemerintah melalui PP Nomor 66 Tahun 2015, kita akan terus memacu agar museum-museum di Indonesia akan terus menjadi semakin maju sebagai perlambang bahwa bangsa Indonesia juga mengalami kemajuan-kemajuan yang signifikan,” ujarnya.

Muhadjir menyebut pemerintah telah mengalokasikan Rp 129 miliar sebagai dana alokasi khusus (DAK) museum.

“Sekarang sudah ada DAK untuk museum. Baru Rp 129 miliar, tapi ini sudah awal yang baguslah. Untuk kebudayaan sekarang sudah sekitar Rp 1 triliun per tahun, Rp 1 triliun untuk dana abadi kebudayaan. Untuk DAK kebudayaan itu sekitar Rp 500 (miliar), setengah triliun. Tapi paling tidak pemerintah sudah memiliki kepedulian sekarang, perhatian yang cukup,” kata Muhadjir.

Usai menyerahkan penghargaan, Muhadjir juga meninjau sejumlah koleksi yang dipamerkan dalam Hari Museum Indonesia di Taman Fatahillah.

Berikut penerima Anugerah Museum Tahun 2019:

– Museum dengan pengelolaan terbaik: Museum Benteng Vredeburgh, Daerah Istimewa Yogyakarta

– Program publik terbaik: Museum Tubuh The Bagong Adventure, Malang

– Pemanfaatan program museum bagi edukasi terbaik: Museum Satwa Jatim Park 2, Malang

– Pemanfaatan nilai ekonomi bagi masyarakat terbaik: Museum Manusia Purba Sangiran, Sragen

– Juara Umum: ‘Rahmat’ International Wildlife Museum and Gallery, Medan.

Juru Pelaku Pelestari Cagar Budaya

  1. Supriyo – Rumah Sejarah dan Budaya Lamongan
  2. I Wayan Dalem Ari Kalky – Komunitas Kader Pelaku Pelestari Budaya, Bali

Juru Pelihara

  1. I Nengah Anton – Situs Putra Puseh Manikliyu, Gianyar, Bali
  2. Mahmud A Rahman – Situs Benteng Pedro Y Paolo, Ternate, Maluku Utara
  3. Daviq Darmawan – Situs Goa Jepang, DIY

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed