oleh

Makan 20 Butir Kacang Almond, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

-Kesehatan-278 views

Jakarta, Radar Pagi – Almond salah satu jenis kacang yang memiliki rasa yang enak. Selain rasanya, manfaat kacang almond juga dapat membantu menangkal berbagai penyakit berat.

Kacang almond mengandung banyak nutrisi, antara lain serat pangan, lemak tak jenuh, serta beberapa jenis vitamin B, dan vitamin E. Kacang almond juga memiliki kandungan mineral yang bermanfaat bagi tubuh seperti kalsium, magnesium, zat besi dan zinc.

Untuk mendapatkan manfaat sehat dari kacang almond, anda perlu mengkonsumsinya sebanyak 20 butir sehari. Almond 20 butir itu setara satu ons.

Dalam satu ons kacang almond Anda akan mendapatkan 163 kalori (penelitian lain lebih dekat dengan 129 kalori).

Selain itu, satu ons almond mengandung 5 gram protein, 12 gram lemak tak jenuh, 3 gram serat, dan kurang dari satu gram gula.

Selain rasa yang nikmat, almond memang menawarkan manfaat yang tinggi untuk kesehatan. Berikut 9 manfaat mengonsumsi almond.

1.Kaya nutrisi

Satu porsi almond sekitar 1 ons (28 gr) mengandung sejumlah nutrisi penting yakni 3,5 gr serat, 6 gr protein, 14 gr lemak dan (9 gr diantaranya lemak tidak jenuh).

Mengutip Healthline, almond juga mengandung vitamin E, vitamin B2, mangan, magnesium, dan fosfor yang cukup. Almond juga kaya asam fitat yang mengandung antioksidan.

  1. Antioksidan

Almond merupakan sumber antioksidan yang baik bagi tubuh. Antioksidan melindungi tubuh dari kerusakan dan penuaan sel, serta mencegah berbagai macam penyakit termasuk kanker.

Studi menunjukkan, antioksidan paling tinggi dalam almond terdapat pada lapisan kulit yang berwarna cokelat. Oleh karena itu, konsumsi almond sangat disarankan bersamaan dengan makanan berat.

  1. Vitamin E

Vitamin E juga berperan sebagai antioksidan yang larut dalam lemak. Vitamin E menumpuk di membran sel dan melindungi sel dari kerusakan.

Almond merupakan salah satu sumber vitamin E terbaik dengan setiap porsinya mengandung 37 persen asupan vitamin E harian yang disarankan.

Asupan vitamin E dikaitkan dengan tingkat penyakit jantung, kanker, dan Alzheimer yang lebih rendah.

4.Mengontrol gula darah

Manfaat almond juga ditemukan dalam kandungan karbohidrat yang rendah tapi tinggi lemak, protein, dan serat. Kandungan ini dapat mengontrol gula darah tetap stabil dan baik untuk orang dengan diabetes.

Kandungan magnesium dalam almond membantu mengontrol gula darah dalam tubuh.

  1. Tekanan darah

Selain gula darah, almond juga membantu mengurangi tekanan darah. Kandungan magnesium membantu mengurangi tekanan darah sehingga menurunkan risiko berbagai penyakit seperti stroke, jantung, dan ginjal.

  1. Mengurangi kolesterol

Studi menunjukkan, konsumsi almond efektif menurunkan LDL atau kolesterol jahat. Konsumsi almond 20 persen dari kebutuhan kalori mengurangi LDL 12,4 mg/dL.

Kandungan dalam almond juga dapat mencegah oksidasi yang dapat berkembang menjadi berbagai macam penyakit. Kulit almond kaya akan polifenol yang mencegah oksidasi kolesterol. Studi menunjukkan, konsumsi almond sebulan menurunkan kadar kolesterol teroksidasi hingga 14 persen.

7.Mengurangi berat badan

Kandungan protein dan serat yang tinggi dalam almond dapat meningkatkan perasaan kenyang sehingga membuat konsumsi kalori lebih sedikit. Konsumsi almond efektif mengurangi rasa lapar.

Manfaat almond juga dapat meningkatkan metabolisme sehingga bisa membakar kalori dan lemak lebih banyak. ***

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed