oleh

Prabowo-Surya Paloh Bertemu Lahirkan Tiga Kesepakatan

-Nasional-297 views

Jakarta, Radar Pagi – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto membuat kesepakatan politik dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Salah satu kesepakatan itu adalah mengusulkan agar amandemen UUD 1945 dilakukan secara menyeluruh.

“Kedua pemimpin parpol sepakat amandemen UUD 1945 sebaiknya bersifat menyeluruh yang menyangkut kebutuhan tata kelola negara, sehubungan dengan tantangan kekinian dan masa depan kehidupan berbangsa yang lebih baik,” kata Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, Johnny G Plate, usai Prabowo dan Surya Paloh melangsungkan pertemuan tertutup, Minggu (13/10/2019) malam.

Pertemuan dilakukan di kediaman Paloh di kawasan Permata Hijau, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Johnny G Plate mengatakan pertemuan Surya Paloh dengan Prabowo merupakan silaturahmi biasa sebagai ketua umum partai politik. Ia tidak menampik pertemuan keduanya membahas agenda politik untuk lima tahun ke depan.

“Jadi kalau Pak Prabowo datang menjumpai Pak Surya pasti ada agenda-agenda politik untuk dikesamakan persepsi dan persamaan perjuangan kita untuk lima tahun ke depan,” kata Johnny.

Sementara Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengaku tidak membahas jatah kursi menteri saat melangsungkan pertemuan tertutup dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Keduanya hanya mencari persamaan dalam urusan kebangsaan.

“Sama sekali enggak ada. Tapi kalau tanya apa hal yang paling banyak dibicarakan? Bagaimana kedua potensi kedekatan, potensi kelemahan mas Prabowo, potensi kelemahan yang ada pada diri saya,” kata Suya Paloh.

Dia menegaskan tidak ada perbedaan pandangan dengan Prabowo pada malam ini. Keduanya bersepakat menginginkan Indonesia maju. Menurut Paloh, persahabatannya dengan Prabowo adalah modal besar untuk membangun bangsa.

Potensi yang ada pada dirinya dan Prabowo, kata Paloh, akan memberikan dampak besar bagi percepatan pembangunan bangsa apabila disatukan. Menurut dia, politik gagasan sangat diperlukan untuk membangun suasana kebangsaan menjadi lebih baik.

“Saya pikir itu tidak kalah artinya, dan tidak hanya terbatas apakah ada di dalam pemerintahan atau tidak. Jangan tanya masalah ini kepada saya dan Prabowo,” terangnya.

Berikut kesepakatan politik antara Prabowo dan Surya Paloh usai melangsungkan diplomasi ‘soto mie’ karena ada hidangan soto mie menemani diskusi mereka:

  1. Bahwa kedua pemimpin parpol sepakat untuk memperbaiki citra parpol dengan meletakkan kepentingan nasional di atas segala kepentingan lain dan menjadikan persatuan nasional sebagai orientasi perjuangan serta menjaga keutuhan bangsa.
  2. Kedua pemimpin parpol sepakat untuk melakukan segala hal yang dianggap perlu untuk mencegah dan melawan segala tindakan radikalisme, berdasar paham apapun, yang dapat merongrong ideologi Pancasila dan konsensus dasar kebangsaan.
  3. Kedua pemimpin parpol sepakat bahwa amandemen UUD 1945 sebaiknya bersifat menyeluruh yang menyangkut kebutuhan tata kelola negara, sehubungan dengan tantangan kekinian dan masa depan kehidupan berbangsa yang lebih baik. (vidi)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed