oleh

Viral Penampakan Setan Kuyang Melintas di Permukiman Warga

-Anehsiana-447 views

Jakarta, Radar Pagi – Warga Kalimantan digegerkan penampakan setan kuyang yang melintas di pemukiman warga. Videonya menjadi viral media sosial.

Dalam video yang diunggah ulang oleh akun Twitter @azabkuburpedih itu, penampakan kuyang bermula saat teriakan sejumlah warga saat melihat kelebatan kuyang.

“Ada kuyang.. Aaaa.. Ada kuyang..,” teriak seorang warga disambut kepanikan warga lainnya.

Setelah mencari di semak-semak dan di atas pepohonan, sejumlah warga tampak berhenti tepat di depan rumah milik sang empunya CCTV. Di depan rumah inilah sosok kuyang terlihat terbang dan terekam CCTV.

Bila melihat tayangan video yang sudah diperlambat, memang tampak jelas sesosok makhluk asing melintas dengan laju yang sangat cepat di belakang kerumunan warga.

Tapi beberapa warga menyadari keberadaan makhluk halus itu dan langsung memukulnya dengan sapu lidi.

Tidak jelas bagaimana nasib Kuyang apes itu setelah dihajar dengan sapu lidi. Ada yang bilang si Kuyang langsung jatuh, tetapi tidak ada bukti rekamannya. Jadi, kita anggap saja si Kuyang saat ini sedang sibuk merawat luka-lukanya.

Mirip Leak

Kuyang sendiri merupakan hantu berbentuk kepala dengan organ dalam yang keluar dan menjuntai bebas, mirip hantu Leak di Bali.

Konon hantu ini adalah perempuan yang semasa hidupnya memiliki keturunan keluarga yang menguasai ilmu hitam. Ia berubah menjadi kuyang untuk memantapkan ilmu keabadiannya.

Menurut kepercayaan masyarakat Kalimantan, Kuyang akan takut dengan sapu ijuk, sapu lidi, atau juga dengan suara berisik perabotan dapur seperti panci yang diadu atau dibunyikan. Itulah sebabnya pada tayangan video banyak warga yang membawa sapu lidi di genggaman mereka.

Yang mengerikan, Kuyang yang tingkatannya sudah ‘senior’ mampu berubah wujud menjadi wanita. Tapi bentuknya ada keanehan, yaitu di bagian atas bibirnya. Bila manusia normal memiliki lekukan di atas bibir (di bawah hidung) maka Kuyang tidak memilikinya, sehingga saat menjadi perempuan biasa, dia akan menutupi bagian mulutnya karena tidak ingin diketahui identitas aslinya.

Kuyang yang berubah wujud menjadi perempuan biasanya memiliki aroma yang khas yaitu bau daun pandan. Tidak semua Kuyang memang mengeluarkan aroma ini, tapi kebanyakan seperti itu. Kemudian, jika dilihat secara detail, Kuyang itu wajahnya pucat dan area matanya hitam.

Bahkan Kuyang ini kerap pergi ke pasar. Bukan untuk berbelanja, tetapi dia mencari mangsanya yaitu ibu hamil atau perempuan nifas yaitu perempuan yang baru melahirkan. Perempuan itu kemudian akan diikutinya sampai ke rumah. Sebab Kuyang ini santapan utamanya adalah darah ibu hamil atau darah perempuan yang baru saja melahirkan. (fitria)

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed