oleh

Utang Indonesia Naik Jadi Rp5.567,5 Triliun

-Ekonomi-319 views

Jakarta, Radar Pagi – Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada Agustus 2019 mengalami kenaikan 8,8% sehingga menjadi sebesar USD393,5 atau sekitar Rp5.567,5 Triliun (kurs Rp14.148 per USD). Utang sebanyak itu terdiri dari ULN publik (pemerintah dan bank sentral) USD196,3 miliar dan ULN swasta (termasuk BUMN) USD197,2 miliar.

Dikutip dari data Bank Indonesia (BI), Selasa (15/10/2019), meski mengalami kenaikan, namun ULN Indonesia tersebut tumbuh melambat dalam kondisi sehat dibandingkan pertumbuhan pada bulan sebelumnya sebesar 10,9% (yoy).

Perlambatan pertumbuhan ULN tersebut disebabkan oleh menurunnya posisi ULN publik dan ULN swasta dibandingkan dengan posisi pada bulan sebelumnya.

Sedangkan ULN swasta tumbuh lebih rendah dari bulan sebelumnya. Posisi ULN swasta pada akhir Agustus 2019 tumbuh 9,3% (yoy), lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan pada bulan sebelumnya sebesar 12,6% (yoy).

Pelunasan utang dagang korporasi bukan lembaga keuangan mendorong penurunan posisi ULN swasta sebesar USD2,6 miliar menjadi USD197,2 miliar

Secara sektoral, ULN swasta didominasi oleh sektor jasa keuangan dan asuransi, sektor industri pengolahan, sektor pengadaan listrik, gas, uap/air panas dan udara (LGA), serta sektor pertambangan dan penggalian. Pangsa ULN di keempat sektor tersebut terhadap total ULN swasta mencapai 75,6%.

Struktur ULN Indonesia tetap sehat didukung dengan penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya. Kondisi tersebut tercermin antara lain dari rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada Agustus 2019 sebesar 36,1%, membaik dibandingkan dengan rasio pada bulan sebelumnya.

Selain itu, struktur ULN Indonesia tetap didominasi oleh ULN berjangka panjang dengan pangsa 88,1% dari total ULN.

Dalam rangka menjaga struktur ULN tetap sehat, Bank Indonesia dan Pemerintah terus meningkatkan koordinasi dalam memantau perkembangan ULN, didukung dengan penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya. (maria)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed