oleh

McKinsey & Co Garap Pemindahan Ibukota ke Kalimantan Timur

-NUSANTARA-222 views

Jakarta, Radar Pagi – Studi kelayakan pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur akan dilakukan oleh McKinsey & Co. Firma konsultan global tersebut memenangkan lelang dengan nilai proyek Rp25 miliar.

“McKinsey Indonesia akan melakukan kajian dampak sosial, budaya, lingkungan, dan ekonomi pemindahan ibu kota,” ujar Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas, Rudy S Prawiradinata, dikutip dari Reuters, Rabu (16/10/2019).

Dia mengatakan, studi kelayakan tersebut akan memakan waktu sekitar tiga bulan.  Namun McKinsey & Co tidak memulai studi kelayakan dari nol karena sebelumnya pihak Indonesia sudah banyak melakukan studi. McKinsey & Co lebih banyak menganalisis strategi ke depan.

Variabel studi juga mencakup rincian total biaya pemindahan ibu kota sekaligus bagaimana ibu kota baru ini bisa terintegrasi dengan kota-kota di sekitarnya seperti Balikpapan dan Samarinda.

Pemerintah sebelumnya telah memperkirakan total biaya pemindahan ibu kota mencapai Rp466 triliun. Dari jumlah itu, negara hanya akan menanggung tidak lebih dari 20 persen dan sisanya akan mengoptimalkan peran BUMN dan swasta.

McKinsey mengalahkan firma-firma lain dalam lelang proyek studi kelayakan pemindahan ibu kota. Proyek ini diikuti sebanyak 103 perusahaan, termasuk Roland Berger dan Boston Consulting. (viktor)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed