oleh

Pemimpin Negara-negara Sahabat Akan Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma’ruf

-Nasional-130 views

Jakarta, Radar Pagi – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan pelantikan Presiden RI 2019-2024 akan dihadiri oleh hampir seluruh pemimpin negara ASEAN, termasuk PM Australia, Wakil PM China, dan beberapa pemimpin negara sahabat.

Karena itu, lanjut Bamsoet, panggilan akrab Bambang Soesatyo, MPR sangat berkepentingan agar acara ini berlangsung dengan khidmat tanpa gangguan apapun.

“Makanya kami imbau kepada adik mahasiswa pada seluruh rakyat Indonesia untuk menjaga kekhidmatan. Karena suksesnya ini, suksesnya acara pelantikan presiden akan memberi pesan positif bagi dunia internasional,” kata Bamsoet di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/10/2019) siang.

Pimpinan MPR datang ke Istana guna menyerahkan undangan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang akan berlangsung pada 20 Oktober 2019 mendatang.

Pimpinan MPR RI yang diterima Presiden Jokowi itu adalah Bambang Soesatyo, Ahmad Basarah, Ahmad Muzani, Lestari Moerdijat, Jazilul Fawaid, Hidayat Nurwahid, Sjarif Hasan, Zulkifli Hasan, Asrul Sani, dan Fadel Muhammad.

“Jadi message-nya jelas, kami di MPR ingin acara ini berlangsung dengan khidmat dan agung sebagaimana disampaikan oleh Bapak Presiden,” kata Bamsoet.

Pertemuan Jokowi dengan sejumlah pimpinan MPR juga menyinggung amandemen UUD 1945. Namun Bamsoet menegaskan tidak ada wacana presiden kembali dipilih MPR.

“Tidak ada. Saya tegaskan tidak ada. Ini tidak terkait dengan perubahan terkait perubahan rinci perubahan politik, presiden tetap dipilih rakyat, presiden bukan lagi mandataris negara, presiden tidak bertanggung jawab kepada MPR, itu tetap,” ujarnya.

Dia menjamin usulan amandemen UUD 1945 tidak menjadi bola liar di masyarakat. Segala masukan soal amandemen akan disampaikan kepada Jokowi.

“Kami pimpinan MPR menjamin berbagai usulan amandemen tidak menjadi bola liar, segala sesuatunya kami konsultasikan dengan Bapak Presiden selaku kepala pemerintahan dan kepala negara, dan menjadi salah satu stakeholder bangsa kita,” tuturnya. (maria)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed