oleh

Turki Serang Suriah Utara, Trump Sebut Erdogan Iblis

Jakarta, Radar Pagi – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengirim surat kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Tapi surat itu langsung dibuang ke tempat sampah.

Sumber kepresidenan Turki melansir BBC, Kamis (17/10/2019) menyebut bahwa surat tertanggal 9 Oktober 2019 itu tidak disukai oleh Erdogan.

Pada hari surat itu diterima, Turki sedang melancarkan serangan lintas perbatasan terhadap pasukan Kurdi di Suriah utara. Erdogan mengatakan operasi itu untuk menciptakan “zona aman” dari milisi Kurdi.

Turki berencana membuat Zona Aman sebagai tempat tinggal sekira 2 juta pengungsi Suriah yang saat ini berada di Turki.

Sedangkan pasukan yang dipimpin Kurdi telah menjadi sekutu penting AS dalam perang melawan kelompok Negara Islam (IS) di Suriah.

Dalam surat itu, Trump menyinggung soal serangan tersebut dan berkata, “Jangan bodoh! Mari kita bekerja dengan baik! Anda tidak ingin bertanggung jawab atas pembantaian ribuan orang, dan saya tidak ingin bertanggung jawab untuk menghancurkan ekonomi Turki, dan saya akan melakukannya.”

“Sejarah akan memandangmu dengan baik jika kamu melakukan ini dengan cara yang benar dan manusiawi. Tetapi [dunia] akan menganggapmu sebagai iblis selamanya jika hal-hal baik tidak terjadi.”

Presiden Trump telah menghadapi kritik karena menarik paskan AS dari Suriah serta yang dianggap sebagai sinyal izin kepada Turki untuk melancarkan serangan militer.

Sebagian besar kritik datang dari dalam Partai Republik yang mendukung Trump.

Sebelumnya pada Rabu, Presiden Trump mengatakan AS tidak akan ikut campur dalam operasi militer Turki di Suriah karena itu “bukan perbatasan kami”, dan menyebut bekas sekutu AS itu Kurdi “bukan malaikat”. (maria)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed