oleh

Medina Laporkan Irwansyah Gelapkan Dana Bisnis Rp1,9 Miliar

-Hukum-471 views

Jakarta, Radar Pagi – Artis Irwansyah telah dilaporkan oleh rekan bisnisnya, Medina Zein, atas dugaan penggelapan dana pada bisnis mereka yang diberi label Bandung Makuta. Irwansyah dituduh menggelapkan Rp 1,9 miliar.

“Terduga terlapornya saudara Fitra Olid selaku direktur PT Bandung Berkah Bersama, yang kedua Irwansyah yang menjadi komisaris PT Bandung Berkah Bersama,” ujar Lukman Azhari, selaku kuasa hukum Medina di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Jumat (18/10/2019).

Medina bekerjasama dengan Irwansyah dalam usaha makanan sejak 2017. Ia mengaku pada tahun kedua usahanya sudah tak mendapatkan keuntungan.

“Medina Zein selaku pelapor mendirikan suatu usaha atau bisnis kue kekinian dan toko oleh-oleh di Bandung, tahun 2017 bersama para terlapor. Dan Medina ini dewan komisaris, pemegang saham juga di PT Bandung Berkah Bersama. Pada awalnya usaha ini berjalan dengan baik. Namun di tahun kedua sudah tidak ada pembagian profit,” ujar Lukman.

Tahun ketiga Medina mulai curiga lantaran ada sejumlah utang perusahaan.

“Memasuki tahun ketiga, Medina ada kecurigaan terkait keuangan perusahaan yang sudah tidak sehat. Karena ditemukannya sejumlah hutang perusahaan,” katanya.

Medina Zein melakukan audit sekitar Juni 2019,” sambungnya.

Medina kemudian melakukan audit keuangan bisnisnya dan menemukan sejumlah uang yang dialokasikan ke rekening perusahaan lain tanpa seizinnya.

“Jadi ini rekening koran Bandung Makuta kayak ada aliran dana ke perusahaan lain, kayak contohnya ada aliran dana ke Jannah Corp Rp 173 juta. Cuman kalau diakumulasi berdasarkan hitungan kami temuan awalnya Rp 1,9 Miliar hampir Rp 2 Miliar. Itu tanpa sepengetahuan Medina Zein,” kata Lukman Azhari.

Menurut Lukman uang tersebut tidak jelas digunakan untuk apa. “Jadi ada biaya-biaya yang bukan ditanggung Bandung Makuta kok dipakai uangnya. Ini kan uang perusahaan seharusnya tidak boleh digunakan,” sambung Lukman Azhari. Medina Zein yang turut mendampingi suaminya mengaku itu baru sebagian audit keuangan yang dilakukan.

“Itu belum semua karena harus di balance sama rekening koran, karena rekening korannya masih di dalam semua (belum diperlihatkan Irwansyah),” timpal Medina Zein.

Di dalam bukti transfer koran yang diperlihatkan ke media, Irwansyah beberapa kali melakukan pemindahan uang secara tidak jelas.

“Ada transfer-transfer ke rekening Irwanyah tidak jelas. Ada aliran dana ke rekening Irwansyah ada Rp26 juta, ke rekening lain Rp20 juta, banyak sekali pokoknya tanpa sepengetahuan saya. menurut saya tanpa dasar. di transfer ke perusahaan lain bukan perusahaan kami PT Bandung Berkah Bersama,” jelas Lukman Azhari.

Ditanya kemungkinan istri Irwansyah, Zaskia Sungkar turut menggelapkan dana, Medina Zein punya jawaban sendiri.

“Nanti sajalah itu,” kata Medina Zein.

Seperti diketahui, Medina Zein resmi melaporkan Irwansyah selaku komisaris PT Bandung Berkah Bersama ke Polrestabes Bandung, Jawa Barat pada Jumat (18/10/2019) pagi. (maria)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed