oleh

PDIP: Belum Pasti Ada Penambahan Partai dalam Koalisi Pemerintah

-Nasional-257 views

Jakarta, Radar Pagi – Penambahan koalisi pasca-Pilpres harus diputuskan bersama antara Presiden Joko Widodo dengan parpol Koalisi Indonesia Kerja (KIK).

Demikian dikatakan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto di kantor DPD PDIP Jawa Timur, Jumat (18/10/2019).

“Kabinet hak prerogatif presiden tapi terkait koalisi pasca-Pilpres misalnya penambahan parpol harus diputuskan bersama-sama. Fatsoennya seperti itu,” kata Hasto.

Dijelaskannya, saat ini sedang terjadi proses membahas soal penambahan koalisi pasca-Pilres tersebut. Karena itu belum bisa dipastikan apakah akan ada penambahan partai baru dalam koalisi pemerintahan.

“Dialog sedang berjalan. Karena sedang berjalan belum ada keputusan,” tegasnya.

Tidak Masalah Gerindra Gabung 

Sementara itu, politikus senior PDIP, Eva Kusuma Sundari berpendapat bahwa tidak ada masalah jika Partai Gerindra bergabung dengan koalisi pemerintah. Kata dia, ada manfaatnya jika Gerindra bergabung dengan koalisi.

“Pendapat pribadi, saya rasa ada manfaatnya sih memasukkan Gerindra ke dalam koalisi,” kata ‎Eva, Jumat (11/10/2019), dilansir okezone.

Menurut Eva, keuntungan atau manfaat jika Gerindra bergabung dengan koalisi yakni, menghilangkan adanya politik oposan ke pemerintah. ‎Serta, mempercepat pembangunan Nawacita yang sedang digalakkan Presiden Jokowi.

“Misalnya benar Gerindra masuk (koalisi), mereka harus menjadi ‘pembantu’ yang baik, setia, dan stop memainkan politik oposan ke pemerintah, yang paling krusial, mengikuti nawacita secara serius terutama proyek nation and character building berdasarkan Pancasila,” ujar Eva.

“Dan visi misinya hanya satu yaitu sesuai nawacita dan yang terpenting stop memfasilitasi pendukung-pendukung lama yang tidak sejalan dengan empat pilar dan suka politisasi agama yang bikin kacau Indonesia,” sambungnya.

Sebelumnya Jokowi mengatakan, kemungkinan besar Partai Gerindra akan berkoalisi dengan pemerintah lima tahun kedepan.

“Kemungkinan berkoalisi,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pecan silam. (yon)

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed