oleh

Kebakaran Gunung Ranti Meluas, Polisi Evakuasi Warga di Kawah Ijen

-NUSANTARA-235 views

Banyuwangi, Radar Pagi – Kapolres Banyuwangi, AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi, mengatakan pihaknya mengevakuasi warga setelah kebakaran Gunung Ranti, Banyuwangi, Jawa Timur, semakin meluas. Berdasarkan pantauan di lapangan, api semakin membesar hingga merangsek ke sisi bagian timur Gunung Ranti.

“Kita menerima laporan sore hari terjadi kebakaran. Kita cek lokasi dulu persisnya di mana. Apakah masuk wilayah Bondowoso atau Banyuwangi. Ini lumayan (besar) ya kondisinya. Sampai menutup jalan beberapa. Pohon juga ada yang tumbang,” kata Taufik Herdiansyah Zeinardi di Kawasan Wisata Gantasan Lereng Gunung Ijen, Sabtu malam (19/10/2019).

Menurut Taufik, pihaknya sudah melakukan penutupan jalur menuju ke arah Wisata Kawah Ijen via jalur Banyuwangi.

“Jelas ini sangat berbahaya bagi pengendara. Jadi kita mengimbau kepada masyarakat atau wisatawan, yang akan melakukan pendakian untuk kembali sementara,” ujarnya.

Informasi yang beredar menyebutkan terdapat empat pendaki yang terjebak kobaran api. Ketika mereka berangkat, api tidak terlalu besar, namun saat pendaki melewatinya, api kian meluas area kobarannya. Diduga kuat mereka berempat terjebak, mengingat kobaran api semakin membesar.

“Sebenarnya mereka sudah dilarang oleh para pemilik warung. Dilarang naik dulu, karena memang di sana sering kebakaran dan ada api saat itu. Tapi mereka memaksa tetap mendaki, dan terjebak di atas sepertinya,” ujar Elis, saksi mata warga sekitar.

Selain mengevakuasi warga, kepolisian juga mengevakuasi sebagian peserta Parade Merah Putih yang berada di Kawasan Wisata Kawah Ijen yang tepat bersebelahan dengan Gunung Ranti.

Seperti diketahui, sebanyak 2.400 warga dari 4 Kabupaten di Wilayah Tapal Kuda rencananya akan menggelar Parade Merah Putih di puncak Gunung Ijen, Minggu (20/10/2019). Namun pada Sabtu (19/10/2019) sore terjadi kebakaran di Gunung Ranti.

Hingga saat ini belum ada informasi resmi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi. Termasuk kondisi maupun identitas 4 wisatawan pendaki yang diduga terjebak di atas Gunung Ranti. (yon)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed