oleh

Angin Kencang Terjang Desa Sumber Brantas, 1 Warga Tewas, 1.216 Mengungsi

-NUSANTARA-768 views

Kota Batu, Radar Pagi – Angin kencang kembali menerjang Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Kali ini berdampak pada kerusakan beberapa warung warga dan fasilitas umum, dan mengakibatkan satu nyawa melayang atas nama Sodiq warga Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, karena tertimpa pohon tumbang.

Kencangnya angin puting beliung yang melanda kawasan Desa Sumber Brantas masih menyisakan kekhawatirkan dalam benak warga. Pasalnya sejak kejadian pertama Sabtu malam kemarin ada beberapa rumah yang rusak, beberapa pohon tumbang, hingga listrik padam akibat kabel PLN yang putus. Selain itu, udara yang bercampur debu bertebaran dimana mana sehingga berpotensi mengancam kesehatan.

Oleh karenanya, pemerintah Kota Batu bersama instansi terkait dan dibantu tim relawan berusaha melakukan evakuasi warga ke tempat yang lebih aman untuk menghindari adanya kejadian susulan yang tidak diinginkan.

Berdasarkan data BPBD Kota Batu jumlah pengungsi di Posko Balai Desa Punten berjumlah 530 warga, Posko PB BPBD Kota Batu 351 jiwa, rumah dinas wali kota 122 jiwa, Balai Desa Tulungrejo 40 jiwa dan SDN 1 Punten 173 jiwa. Sehingga total pengungsi hingga Minggu (20/10/2019) pukul 22.35 mencapai 1.216 jiwa.

“Sekarang di rumah dinas wali kota sudah ada 122 pengungsi. Di sana didominasi oleh Ibu hamil dan balita,” ungkap Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim.

Ia juga mengungkapkan hingga saat ini bantuan logistik sudah mulai merata di setiap posko.

Intensitas kecepatan angin hingga pukul 22.16 WIB Minggu malam di kawasan Desa Sidomulyo dan Desa Punten masih belum menurun. Oleh sebab itu pengungsi ibu hamil dan balita mulai diarahkan menuju rumah dinas wali kota. Rochim juga membeberkan  dinas kesehatan Kota Batu telah mengerahkan semua ambulance di setiap posko, dan dibantu oleh dinas kesehatan Kota Malang.

“Intensitas kendaraan juga sudah mulai sepi. Kami bersyukur masyarakat Kota Batu bisa mengerti himbauan kami,” terang Rochim. (Med)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed