oleh

BRI Berharap BI Turunkan Suku Bunga Acuan

-Ekonomi-264 views

Jakarta, Radar Pagi – Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Sunarso berharap Bank Indonesia (BI) kembali menurunkan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate.

“Kalau BI Rate turun saya pikir bagus untuk market karena kami melihatnya bahwa sebenarnya sekarang ini pricingnya turun, tetapi kami menghadapi kenyataan bahwa LDR (industri) masih di atas 90 persen,” kata Sunarso dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) di Gedung BRI, Jakarta, Kamis (24/10/2019) siang.

Meskipun ia tidak mengetahui kapan pihaknya akan memangkas suku bunga kredit BRI lagi, namun ia berharap melalui penurunan suku bunga acuan BI itu bisa diikuti dengan langkah relaksasi kebijakan lain agar lebih akomodatif. Dengan penurunan BI rate diharapkan ada relaksasi-relaksasi nanti,” ujarnya.

BI telah menurunkan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebanyak tiga kali sepanjang 2019 yaitu pertama kali pada Juli 2019 dari 6 persen menjadi 5,75 persen.BI kembali menurunkan suku bunga acuan untuk kedua kali pada Agustus 2019 sebesar 0,25 basis poin menjadi 5,5 persen.

Terakhir, BI memutuskan untuk kembali menurunkan tingkat suku bunga acuan pada September sebesar 25 basis poin  sehingga kini menjadi 5,25 persen.Selain itu, BI juga memutuskan untuk menurunkan suku bunga deposit facility dan lending facility sebesar 25 bps sehingga masing-masing menjadi 4,50 persen dan 6,00 persen. (vidi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed